Sebarkan Pesan Injil

5 Kitab Musa : Kitab Ulangan







Kitab Ulangan terdiri dari 34 pasal.

Penulis : Musa, menurut tradisi, kecuali ringkasan bagian akhir kemungkinan ditulis oleh Yosua.
Ulangan 31 : 9, " Musa menulis hukum-hukum, dan menyampaikannya kepada para imam...dan kepada seluruh penatua bangsa Israel." Pasal 34 mencatat kematian Musa, kemungkinan ditulis oleh penerusnya, Yosua.
Tahun Penulisan : 1407-1406 SM.




Isi Kitab Ulangan :


Perjanjian antara Allah dengan bangsa Israel dicatat dalam kitab Ulangan. Setiap generasi bangsa Israel diingatkan tentang siapa Allah dan apa yang telah dikerjakan Allah bagi bangsa Israel melalui pernyataan-pernyataan. Pernyataan ulangan dari apa yang pernah dinyatakan dalam peristiwa-peristiwa yang dialami generasi bangsa Israel sebelumnya. 

Kitab ini merupakan kitab Musa yang kelima dan terakhir untuk merangkum sejarah perjalanan bangsa Israel hingga kepada saat menjelang masuknya bangsa Israel ke Tanah Perjanjian. 

Selama perjalanan itu Musa terus mengkawal bangsa Israel untuk senantiasa setia dalam iman dan dalam ketaatan mereka kepada Allah, serta kembali memanggil bangsa Israel agar menyerahkan hidup mereka  untuk memenuhi panggilan Allah. Musa juga memimpin mereka untuk menyembah Allah. 

Akhirnya, Musa memilih seorang penerus yaitu Yosua, kemudian memanjat gunung Sinai untuk melihat tanah perjanjian dari kejauhan sebelum ia meninggal.


Beberapa hal penting yang dicatat dalam kitab Ulangan :

10 Hukum                                  Ulangan  5
Perintah Persepuluhan                 Ulangan 14 : 22-29, Ulangan 26:1-15
Perintah Perayaan Paskah tahunan         Ulangan 16:1 (awal musim semi)


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...