Sebarkan Pesan Injil

Kitab Sejarah : 1 Samuel



Kitab 1 Samuel terdiri dari 31 pasal.


Penulis : Tidak pasti, beberapa menyarankan Samuel, dan nabi Natan dan nabi Gad.
Tahun penulisan : Tidak pasti, kemungkinan sekitar 1000 SM.



Isi Kitab 1 Samuel :


Seringkali apa yang menjadi pilihan seseorang, menunjukkan karakter orang tersebut. Kitab 1 Samuel ini dipenuhi dengan pilihan-pilihan, pilihan yang baik maupun yang buruk. 

Pilihan pertama yang paling jelas adalah pilihan Hanna, seorang perempuan mandul. Ia memilih untuk meminta pertolongan Tuhan agar dapat memiliki anak. Allah mendengar doa Hanna dan mengabulkan permohonannya. Hanna akhirnya melahirkan seorang anak lelaki yang bernama Samuel. Sebagai ucapan syukur, Hanna memilih untuk menyerahkan Samuel kepada Allah sejak Samuel dilahirkan. 

Samuel tumbuh diantara para imam di dalam Kemah Suci dan pada akhirnya menjadi pemimpin imam. Ketika Samuel sudah tua, bangsa Israel menolak anak Samuel sebagai pemimpin mereka dan menuntut dipilihnya seorang raja. Samuel memperingatkan bangsa Israel, bahwa apabila memiliki raja manusia, raja tersebut akan menindas mereka. Namum bangsa Israel tetap bersikeras untuk memiliki seorang raja manusia. Ini merupakan sejarah awal mula dipilihnya raja-raja manusia atas bangsa Israel. 

Samuel mengurapi seorang pemuda tampan bertubuh tinggi yang bernama Saul untuk menjadi raja Israel yang pertama. Saul terlihat membuat keputusan-keputusan yang baik pada awal pemerintahannya. Namun tak lama kemudian Saul mulai memilih hal-hal yang tercela dimata Allah, sehingga Allah mengakhiri kekuasaannya sebagai raja. 


Daud melawan Goliat.

Kemudian Daud seorang gembala dari Betlehem, dipilih untuk mengambil alih tahta raja Israel dari Saul. Saul berusaha beberapa kali untuk membunuh Daud, tetapi pada bagian akhir kitab 1 Samuel ini, akhirnya Saul dan anaknya tewas dan Daud menjadi raja Israel.


Beberapa peristiwa terkenal yang dicatat dalam kitab 1 Samuel :


Samuel lahir dan dipersembahkan           1 Samuel 1:19
Sumpah bodoh Saul        1 Samuel 14:24-46
Allah menentang Saul        1 Samuel 15:10-29
Samuel mengurapi Daud     1 Samuel 16:1-13
Daud melawan Goliat                1 Samuel 17:1-58
Kecemburuan Saul          1 Samuel 18:1-6



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...