Sebarkan Pesan Injil

Kitab Sejarah : 1 Tawarikh


Kitab 1 Tawarikh terdiri dari 29 pasal.


Penulis : Tidak disebutkan, namun tradisi Yahudi mengindikasikan imam Esra sebagai penulisnya.
Tahun Penulisan : Sekitar 430 SM.
Mencatat sejarah bangsa Israel dari tahun 1010 SM (meninggalnya raja Saul) hingga tahun 970 SM (meninggalnya raja Daud).



Isi kitab 1 Tawarikh :



Kitab 1 Tawarikh meliput banyak informasi yang sama dengan kitab 2 Samuel, tapi tanpa beberapa aspek kurang baik dalam kehidupan Daud - seperti halnya perzinahannya dengan Batsyeba dan rekayasa pembunuhan atas suami Batsyeba, Uria

Kedua kitab Tawarikh ini pada awalnya merupakan 1 kitab. 



Uza mati seketika saat dia menyentuh Tabut Perjanjian.


Mengerti sejarah keluarga adalah sangat penting, untuk mengetahui darimana asal leluhur kita dan keberhasilan apa saja yang telah mereka raih. Pengetahuan ini menjadi dasar akan siapa jati diri kita, warisan yang akan kita terima, dan menerangkan identitas kita. Inilah alasan mengapa kitab Tawarikh mencatat sejarah tentang silsilah keluarga bangsa Israel. 

Kitab 1 Tawarikh mencatat silsilah keturunan raja Daud dan suku Lewi. Silsilah ini  bukan sekedar sebuah daftar nama melainkan menunjukkan daftar orang-orang pilihan Allah – nenek moyang umat perjanjian Allah. Setelah catatan daftar silsilah, kitab ini mencatat juga kedua raja pertama bangsa Israel, yaitu Saul dan Daud. 

Kesuksesan dan kegagalan Saul dan Daud ditunjukkan untuk menyatakan dengan jelas apa yang mereka tuai sebagai akibat pilihan kerohanian mereka. Penekanan khusus diberikan atas prestasi mengagumkan dalam pemerintahan Daud. Kitab 1 Tawarikh ditutup dengan keinginan Daud untuk membangun Bait Allah.


Peristiwa penting yang dicatat dalam kitab 1 Tawarikh :


Uza dihukum mati karena menyentuh Tabut Allah     1 Tawarikh 13:10
Tabut Allah dipindahkan  ke Yerusalem       1 Tawarikh 15 
Mikhal, anak Saul, menghina Daud yang sedang menyembah Allah     1 Tawarikh 15:29
Sensus dan murka Allah       1 Tawarikh 21



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...