Sebarkan Pesan Injil

Kitab Sejarah : 2 Raja-Raja



Kitab 2 Raja-Raja terdiri dari 25 pasal.


Penulis : Tidak pasti, beberapa mengindikasi Yeremia atau sekelompok Nabi-Nabi.
Tahun penulisan : Tidak pasti, kemungkinan tidak lama setelah raja Yoyakhin dibebaskan pada tahun 562 SM.

Mencatat peristiwa-peristiwa yang terjadi selama kurun waktu 300 tahun dimulai sekitar tahun 800 SM, kitab 2 Raja-raja kemungkinan ditulis tidak lama setelah kehancuran Yerusalem oleh Babel pada sekitar tahun 586 SM.




Isi Kitab 2 Raja-Raja :


Kebanyakan pemimpin atau raja seringkali dengan mudah dan dengan cepat terbawa arus dan lebih mengikuti arus kejahatan. Hanya beberapa yang bertahan tetap setia mentaati Tuhan, menentang arus jahat dan menolak penyembahan berhala. Sebagian besar raja terbawa arus kejahatan, dan hanya segelintir yang berjuang untuk tetap mengikuti Allah Israel, menolak penyembahan berhala, menolak percabulan dan pemuasan diri di sekeliling mereka.  


Nabi Elia diangkat ke Surga. Elisa, pengganti Elia, menerima jubah Elia.

Sebagai perlawanan agar kejahatan ini tidak meluas, di dalam kitab 2 Raja-Raja ini para nabi sering memberikan peringatan keras kepada raja-raja akan konsekuensi dosa-dosa mereka. Pada akhirnya, bagaimanapun, kejahatanlah yang berlaku, dan kitab 2 Raja-raja kejahatan ini mengakibatkan dua tragedi yang mengubah sejarah Israel.  


Naaman disembuhkan dari penyakit kusta.


Pada 722 BC kerajaan utara Israel dihancurkan oleh bangsa Asyur, dan di tahun 586 BC kerajaan selatan Yehuda dipecundangi oleh orang Babel. Seperti dalam kitab 1 Raja-raja, semua peristiwa ini ditafsirkan sebagai akibat langsung dari penyembahan berhala dan kejahatan yang merasuki bangsa Israel dan Yehuda.

Dalam masa-masa seperti ini nabi berperan penting untuk mengingatkan raja-raja kepada Allah dalam masa pemerintahan mereka.


Beberapa peristiwa yang dicatat dalam kitab 2 Raja-Raja:  

 
Elia vs Ahasia         2 Raja-raja 1
Elia diangkat ke Surga      2 Raja-raja 2
Elisa menjadi pengganti Elia     2 Raja-raja 2: 13
Naaman disembuhkan dari sakit kusta   2 Raja-raja 5
Elisa vs Raja Aram    2 Raja-raja 6:8-23


Inilah daftar raja-raja Israel dan Yehuda :


Kerajaan bagian Utara yakni Israel : 1)Yerobeam, 2)Nadab, 3)Baesa, 4)Ela, 5)Zimri, 6)Omri, 7)Ahab, 8)Ahazia anak Ahab, 9)Yehu, 10)Yoahas, 11)Yoas anak Yoahas, 12)Yerobeam anak Yoas, 13)Zakharia, 14)Salum, 15)Menahem, 16)Pekahya, 17)Pekah,  18)Hosea.

Kerajaan bagian Selatan yakni Yehuda : 1)Rehabeam, 2)Abiam, 3)Asa, 4)Yosafat, 5)Yoram, 6)ratu Atalya (ibu raja Ahazia), 7)Ahazia anak Yoram, 8)Yoas anak Ahazia, 9)Amazia, 10)Azarya, 11)Yotam, 12)Ahas, 13)Hizkia, 14)Manasye, 15)Amon, 16)Yosia, 17)Yoahas, 18)Yoyakim, 19)Yoyakhin, 20)Zedekia.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...