Sebarkan Pesan Injil

Kitab Sejarah : 2 Samuel



Kitab 2 Samuel terdiri dari 24 pasal.


Penulis : Tidak pasti; beberapa mengindikasikan imam Abiatar (2 Samuel 15:35),  Natan putra Zabud dan nabi-nabi yaitu Natan dan Gad.
Tahun penulisan : 930 SM, tak lama setelah Daud memerintah (1050 - 970 SM).



Isi Kitab 2 Samuel :


Di antara pria dan wanita saleh yang disebutkan dalam Alkitab, Raja Daud merupakan salah satu yang paling menonjol. Nabi Samuel mengatakan bahwa Tuhan menginginkan "seorang pria yang berkenan dihati-Nya," dan Daud-lah orangnya.  



Raja Daud diperingatkan oleh nabi Natan atas dosa perzinahannya.


Kitab 2 Samuel mencatat masa pemerintahan raja Daud, yang selama rentang waktu sekitar empat puluh tahun memerintah sebagai raja. Dimulai dengan dinyatakannya Daud sebagai raja Israel. Segera setelah pelantikannya, Daud mengukuhkan posisinya atas para pesaingnya untuk menuju tahta. Setelah menaklukkan Yerusalem, Daud menuai sukses besar dan membawa Tabut Perjanjian ke Yerusalem. Kemudian Daud mengalahkan bangsa Filistin - bangsa tetangga yang telah menindas bangsa Israel selama ratusan tahun.  

Selain mencatat masa gemilang pemerintahannya, kitab ini juga mencatat sisi gelap karir Daud. Perzinahannya dengan Batsyeba, berlanjut dengan pembunuhan, pengkhianatan, dan pemberontakan Absalom anaknya. Kitab ini diakhiri menjelang kejatuhan pemerintahan Daud sebagai raja.

Pada masa pemerintahan Daud, terdapat seorang nabi bernama Natan. Pemerintahan Daud diteruskan oleh anak Daud dari Batsyeba, yaitu Salomo.
   

Beberapa peristiwa terkenal yang dicatat dalam kitab 2 Samuel :


Daud menjadi raja Israel          2 Samuel 5
Daud dan Batsyeba         2 Samuel 11-12



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...