Sebarkan Pesan Injil

Kitab Bijak : Kitab Mazmur


Kitab Mazmur terdiri dari 150 pasal. 


Penulis : Menurut tradisi Yahudi, Daud menulis 73 Mazmur; Asaph menulis 12 Mazmur; anak-anak Daud masing-masing menulis 1 Mazmur; dan 51 Mazmur tidak diketahui penulisnya. Perjanjian Baru menunjukkan dua Mazmur yang tidak diketahui penulisnya (pasal 2 dan pasal 95) ditulis oleh Daud. (Kisah Para Rasul 4:25; dan Ibrani 4:7).

Tahun Penulisan : Antara masa Musa (sekitar 1440 SM) dan masa pembuangan di Babel (586 SM).





Isi Kitab Mazmur :


Dalam kehidupan kita mengalami berbagai emosi yang berbeda, sukacita, marah, damai, kalut, frustasi, putus asa, gembira, takut. Seringkali musik atau puisi  menjadi satu-satunya cara untuk mengungkapkan berbagai perasaan tersebut. 


Kitab Mazmur membicarakan pengalaman manusia dalam mengungkapkan perasaan mereka kepada Allah melalui kata-kata puitis. Apakah sesuatu hal membuat anda marah? Kitab Mazmur mencatat beberapa doa yang mengekspresikan emosi seperti yang sedang anda alami (lihat Mazmur 35). Apakah anda merasa takut? Mazmur pasal 2 juga menceritakan rasa takut yang dialami Daud. Apakah anda frustasi akan ketidak-adilan? Mazmur pasal 79 juga meratapi hal ini. Demikian pula pasal 19 dan pasal 104 merayakan kehebatan kuasa Allah yang dinyatakan melalui ciptaanNya. 

Kitab kumpulan pujian (hymne) dan doa-doa ini menyentuh setiap sudut jiwa manusia. Sebagaimana yang dialami oleh para penulis kitab Mazmur sendiri, ungkapan perasaan yang jujur ini akan membawa kita lebih dekat kepada Allah, Pencipta kita.







Beberapa Mazmur :


7 Hal yang perlu anda ketahui tentang perintah-perintah Allah :       Mazmur 19 :7-9
Mazmur sang Gembala :          Mazmur 23
Doa pertobatan Daud tentang perzinahannya dengan Batsyeba :        Mazmur 51
Daud memohon Allah untuk mengingatnya :     Mazmur 70
Mazmur perlindungan Allah bagi orang percaya :      Mazmur 91
Mazmur ucapan syukur :       Mazmur 100, Mazmur 136
Mazmur dengan alpabet  :     Mazmur 119 (termasuk tentang Nun / cahaya : Mazmur 119:105-112)
Mazmur pujian :      Mazmur 145-150         


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...