Sebarkan Pesan Injil

Kitab Para Nabi : Kitab Habakuk


Kitab Habakuk terdiri dari 3 pasal.

Mengapakah hal-hal ini terjadi?

Penulis : Habakuk
Tahun Penulisan : Antara tahun 612 dan 589 SM.


Isi Kitab Habakuk :


Jika Allah itu memang ada, mengapakah orang-orang jahat seringkali malah kelihatan makmur? Pertanyaan seperti ini biasanya didiajukan oleh mereka yang peka terhadap keadilan sosial.   


Nabi Habakuk cukup bersimpati terhadap persoalan ini. Habakuk berkotbah disaat terakhir sebelum Yehuda ditaklukan oleh Babel pada tahun 586 BC. Ia menubuatkan tentang sengsara yang akan datang dan dua hal yang mengganggunya yaitu : 1) mengapa Allah membiarkan orang Yehuda berbuat dosa? dan 2) mengapa Allah memakai bangsa kafir seperti Babel untuk menghukum Yehuda? 


Ketika TUHAN tampak tidak adil. Dapatkah tetap beriman di dalam masa kesukaran?


Putus asa untuk mendapatkan jawaban atas kedua pertanyaan ini, Habakuk dengan berani dan percaya diri membawa seluruh keluhannya di hadapan Allah. Allah menjawab keluhan Habakuk dengan menegaskan bahwa Dia akan menghakimi semua orang, akan tetapi kebenaran pada akhirnya akan menang. Mungkin tidak terjadi segera, tetapi pasti akan terjadi. 

Jaminan ini, bersama dengan sekilas berkuasanya kedaulatan Allah, memberi Habakuk keberanian dan pengharapan untuk percaya kepada rencana Allah tentang masa gelap yang akan dihadapinya.


Beberapa hal yang dicatat dalam kitab Habakuk :


Dimanakah keadilan TUHAN?        Habakuk 1:12-17
Penghukuman atas para penindas         Habakuk 2:6-20


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...