Sebarkan Pesan Injil

Kitab Para Nabi : Kitab Yehezkiel




Kitab Yehezkiel terdiri dari 48 pasal.


Kitab Nabi Yehezkiel.



Penulis : Yehezkiel
Tahun Penulisan : sekitar tahun 571 SM.


Isi Kitab Yehezkiel :


Bagaikan anak-anak pembangkang yang terus menerus menolak untuk taat kepada ayah mereka, demikian halnya bangsa Israel sering menolak untuk mentaati Allah. Dan bagaikan orang tua yang penuh kasih, Allah berulangkali terus memanggil orang-orang kepunyaan-Nya untuk kembali mentaati Dia.




Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat. Yehezkiel 36:26.


Menurut kitab ini, Yehezkiel adalah seorang imam diantara para tawanan yang dibuang ke Babel ketika bangsa Yahudi diusir dari Yerusalem pada tahun 597 SM. Di Babel, Allah memanggil Yehezkiel untuk menjadi seorang nabi, dan ia mulai memperingatkan bangsanya bahwa hukuman mereka belum berakhir.


18b demikianlah firman Tuhan ALLAH, amarah-Ku akan timbul. Dalam murka-Ku, 19 dalam cemburu-Ku dan dalam api kemurkaan-Ku Aku akan berfirman: Pada hari itu pasti terjadi gempa bumi yang dahsyat di tanah Israel. Yehezkiel 38.


Pesan yang disampaikan Yehezkiel tidak diterima oleh orang-orang Yahudi yang ditawan bersamanya pada waktu itu.  Mereka malah menuntut bahwa pesan Yehezkiel seharusnya tentang pengharapan dan penghiburan, bukan tentang penghukuman.


Namun nubuat-nubuat mengerikan Yehezkiel menjadi kenyataan, ketika Yerusalem dihancurkan di tahun 586 SM. Sejak saat itu orang-orang mulai mendengarkan kotbahnya dengan hati-hati. Sejak itu pesan yang disampaikan Yehezkiel berubah dari tentang penghukuman menjadi tentang penghiburan dan pengharapan. Masa yang terburuk telah berlalu, dan kini saatnya memulai babak baru.




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...