Sebarkan Pesan Injil

Kitab Para Nabi : Kitab Yoel


Kitab Yoel terdiri dari 3 pasal.



"Koyakkan-lah hatimu dan bukan pakaianmu" Yoel 2 : 13a. Mengkoyakkan pakaian merupakan ungkapan duka yang mendalam, keputus-asaan, ungkapan penyesalan atas dosa-dosa yang telah dilakukan dan ungkapan pertobatan. Mengkoyakkan hati dalam ayat ini adalah peringatan agar pertobatan bukan hanya sekedar tampilan luar / secara lahiriah saja, tetapi haruslah merupakan pertobatan yang sejati, menyadari dan meninggalkan dosa-dosa, mohon pengampunan dan berbalik sepenuhnya kepada Allah.



Penulis : Yoel
Tahun Penulisan : selama masa pelayanan Yoel, antara tahun 835 dan 796 SM.


Isi Kitab Yoel :

"Berbaliklah kepada TUHAN, Allah-mu, sebab Ia pengasih dan penyayang, panjang sabar dan berlimpah kasih setia-Nya. Yoel 2:13b


Ketika Allah menunjukkan kekuatan kekuasaanNya, tentu sangatlah mengagumkan. Namun tak ada yang lebih mengagumkan dibandingkan “hari Tuhan” yang segera akan datang. Pada hari itu Allah akan memperhitungkan seluruh pemberontakan dan dosa-dosa manusia. Bagi siapa yang menolak Allah, hari itu akan merupakan hari penghakiman yang mengerikan. 


Hari kedatangan Tuhan yang kedua tersebut merupakan fokus dari nubuatan Yoel. Yoel memakai tulah belalang untuk mengumpamakan datangnya hari penghakiman yang mengerikan ini, dan dia mendesak orang-orang untuk mendengarkan – bahwa nasib mereka akan jauh lebih baik jika mereka memilih untuk bertobat dan hidup! 

Selain menyampaikan peringatan-peringatan, nubuat Yoel juga mengandung pengharapan. Jika jemaat mau menerima peringatan-peringatan tersebut dan berbalik dari dosa-dosa mereka kepada Allah, maka Allah akan berbelas kasihan dan mengampuni dosa-dosa mereka. Allah telah berjanji, “Aku akan mengembalikan kepadamu apa yang telah hilang ditelan tulah belalang.” (Yoel 2:25). 

Keinginan Allah adalah memberkati umatNya, bukan menghancurkan mereka. Itulah tujuan datangnya tulah belalang, yaitu untuk mengingatkan kita agar meninggalkan dosa-dosa kita dan berbalik kepada Allah selagi masih ada waktu.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...