Sebarkan Pesan Injil

Kitab Para Nabi : Kitab Yunus


Kitab Yunus terdiri dari 4 pasal.


Yunus ketika dilemparkan ke laut.


Penulis : Yunus, menurut tradisi orang Yahudi.
Tahun Penulisan : Antara tahun 785 dan 760 SM.


Isi Kitab Yunus :


Jika anda diutus Allah untuk mengabarkan Injil kepada sekelompok pembunuh, bersediakah anda? Tugas inilah yang diberikan Allah untuk dilakukan oleh Yunus. 


Yunus adalah seorang nabi yang lahir di Israel ( lihat di kitab : 2 Raja-raja 14:25) dan diperintahkan untuk mengabarkan Injil kepada orang Niniwe, ibukota Asiria. Pada saat itu selain Asiria merupakan kekaisaran yang terkuat, juga terkenal sangat sadis dengan musuh-musuh yang dikalahkannya. 

Israel termasuk salah satu bangsa yang ditaklukan oleh Asiria, sehingga memberitakan kabar keselamatan kepada orang Niniwe yang merupakan musuh Israel merupakan tugas yang paling tidak mungkin untuk dilakukan oleh orang Israel. 

Dalam kitab ini diceritakan bagaimana Yunus berusaha melarikan diri dari tugasnya dan berlayar ke negara lain. Tetapi Allah mengirimkan badai untuk menghentikan rencananya; akhirnya Yunus dibuang ke laut, dan seekor ikan besar menelannya agar dia tidak tenggelam. Ikan itu kemudian memuntahkan Yunus dipantai, lalu Yunus pergi ke Asiria. 

Tidak seperti perkiraan Yunus, raja dan rakyat Niniwe ternyata menerima pesan Yunus dan bertobat, sehingga mereka tidak jadi dihancurkan. Hal ini membuat Yunus marah, ia pergi ke luar kota, masih berharap agar kota Ninewe dan seluruh penduduknya dihancurkan. 

Allah menegur Yunus, meskipun ia bertingkah demikian, Allah menunjukkan keinginan-Nya agar semua orang, baik orang Yahudi maupun bukan Yahudi, datang kepada-Nya dan mengenal-Nya.


Yunus marah kepada Allah.



Kisah yang terkenal :


Yunus diperut ikan          Yunus 1:1-4:11

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...