Sebarkan Pesan Injil

Kitab Para Nabi : Kitab Zefanya




Kitab Zefanya terdiri dari 3 pasal.


Zefanya : Hari TUHAN. Sebuah pesan tentang teror dan pengharapan.


Penulis : Zefanya
Tahun Penulisan : Menjelang akhir pelayanan Zefanya (antara tahun 640 dan 621 SM), ketika raja Yosia memulai gerakan reformasi besar-besaran.


Isi Kitab Zefanya :


Meskipun hari-hari kegelapan membayang di depan, namun tetap ada pengharapan di masa depan. Ini adalah pesan dasar dari Zefanya kepada orang-orang Yehuda.  

Zefanya adalah seorang nabi dalam dekade terakhir sebelum Yerusalem dihancurkan oleh Babel. Babak pembukaan nubuatnya memberitakan tentang kabar buruk.  


Yehuda telah sepenuhnya meninggalkan Allah dan memilih untuk menyembah banyak allah-allah palsu. Di samping itu, mereka telah meninggalkan ketaatan kepada Allah karena dianggap sudah tidak relevan. Mereka makmur secara materi dan tidak melihat perlunya bertobat dari dosa-dosa mereka  untuk  menyenangkan Tuhan.  



Akibatnya, pesan Zefanya kepada mereka sangat keras: ketikahari Tuhan datang”, Yehuda akan benar-benar dihancurkan. Bahkan binatang-binatangpun akan dibunuh pada saat  tentara Babel menjarah tanah mereka

Hari yang mengerikan ini juga akan dialami juga oleh beberapa bangsa di sekitar Yehuda. Namun Tuhan tidak akan meninggalkan mereka tanpa pengharapan. Pada akhirnya Yehuda akan dipulihkan dan akan kembali kepada Allah.


Beberapa hal yang dicatat dalam kitab Zefanya :


Penghukuman pada hari TUHAN      Zefanya 1:2-18
Seruan untuk bertobat       Zefanya 2 :1-3
Hukuman atas bangsa-bangsa       Zefanya 2:4-15
Hukuman atas Yerusalem          Zefanya 3:1-8
Janji keselamatan        Zefanya 3:9-20



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...