Sebarkan Pesan Injil

Surat-Surat Rasul Paulus : 2 Tesalonika


2 Tesalonika, dalam gambar : wilayah Tesalonika.
Surat kedua Paulus kepada jemat di Tesalonika, terdiri dari 3 pasal.


Penulis : Rasul Paulus
Tahun Penulisan : Sekitar tahun 61 Masehi, ditulis beberapa bulan setelah surat 1 Tesalonika.

 
Isi Surat 2 Tesalonika :


Komunikasi yang baik adalah sangat penting agar kedua belah pihak yang berkomunikasi dapat saling mengerti. Seringkali pesan yang kita mengerti, bukanlah seperti apa yang dimaksudkan oleh si pemberi pesan. 

Salah pengertian seperti ini terjadi pada jemaat Tesalonika ketika Paulus mengirimkan suratnya yang pertama. Dalam surat pertamanya, Paulus menjelaskan bahwa Kristus akan datang kembali sewaktu-waktu, tetapi hal ini disalah-mengerti oleh beberapa jemaat dan diartikan bahwa berarti mereka dapat berhenti bekerja dan cuma menunggu Kristus datang kembali. Padahal sebenarnya, maksud Paulus adalah untuk menyemangati mereka, bukan memberikan jadwal rinci tentang masa yang akan datang. Sehingga Paulus menuliskan surat kedua ini untuk mengkoreksi kesalah pahaman tersebut. 


"Kiranya Tuhan membawamu ke dalam suatu pengertian yang lebih mendalam tentang kasih Allah dan kepada ketabahan yang dari Kristus." 2 Tesalonika 3:5.

Paulus memulai surat keduanya dengan memberi semangat kepada mereka yang masih harus menjalani penganiyaan oleh karena iman mereka kepada Yesus Kristus. Kemudian mengalihkan pembicaraannya langsung ke pokok permasalahan yang ada. 


.
1) Mengenal Allah berarti memiliki hubungan pribadi dengan Dia melalui mempelajari FirmanNya setiap hari dan berdoa. 2) Mentaati InjilNya : berarti mengasihi Tuhan Allah dengan segenap hati, jiwa dan pikiran. Dan mengasihi sesama seperti kita mengasihi diri sendiri. - "Sebab memang adil bagi Allah untuk membalaskan penindasan kepada mereka yang menindas kamu dan untuk memberikan kelegaan kepada kamu yang ditindas, dan juga kepada kami, pada waktu Tuhan Yesus dari dalam Surga menyatakan diriNya bersama malaikat-malaikatNya, dalam kuasaNya, di dalam api yang menyala-nyala, dan mengadakan pembalasan terhadap mereka yang tidak mau mengenal Allah dan tidak mentaati Injil Yesus, Tuhan kita." 2 Tesalonika 1:6-8. - Dialah Singa dari Yehuda - Yesus Kristus!
 
Paulus menjelaskan bahwa tidak ada seorangpun yang mengetahui kapan persisnya waktu kedatangan Kristus yang kedua, kita hanya mengetahui bahwa Ia pasti akan datang kembali. Paulus menjelaskan bahwa hari penghakiman yang agung ini tidak akan mendadak mengejutkan, namun akan didahului oleh serangkaian peristiwa-peristiwa yang dapat kita kenali sebagai peringatan-peringatan bahwa hari kedatangan Tuhan itu telah semakin mendekat. 

Maka, karena kita mengetahui bahwa Tuhan Yesus Kristus pasti akan segera kembali, sebagai orang-orang yang percaya kepada Kristus, kita harus hidup dengan tidak bercela hingga hari kedatanganNya yang kedua tiba.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...