Sebarkan Pesan Injil

Persekutuan Pribadi dengan Tuhan

Berserulah kepada-Ku, maka Aku akan menjawab engkau dan akan memberitahukan kepadamu hal-hal yang besar dan yang tidak terpahami, yakni hal-hal yang tidak kauketahui. Yeremia 33:3.


Bagi beberapa dari anda yang membaca artikel ini, Allah sedang memberitahu anda, - 
“Lihat, Aku ingin meluangkan waktu untuk bersekutu denganmu,” -namun anda tidak mendengarNya.  
“Aku mencintaimu dan aku ingin berbicara dengan engkau, tetapi engkau tidak menghiraukan Aku dan melemparkan Aku di bawah karpetmu.“ 
“Engkau telah kehilangan kasihmu yang semula kepadaKu.”
Kita memperlakukan Allah seolah-olah Dia adalah orang tua menjengkelkan yang sering kita lihat di film-film.

Ketika anak-anak masih kecil mereka sering memanggil mama, papa atau ibu, ayah, namun ketika mereka tumbuh lebih tua dan menjadi remaja semua yang dilakukan orang tua mereka menjadi mengganggu mereka.
Pada awalnya anda begitu antusias akan Allah, namun kemudian Allah menjadi menjengkelkan. Biasanya anda giat berdoa dan biasanya waktu berdoa kepada Allah merupakan moment terbaik di setiap hari-hari anda; kini ketika Allah memanggil nama anda, anda langsung menjawab ketus,” Apa Tuhan?!” Allah dengan sabar berkata,”Aku ingin bersekutu dengan engkau.” Dan jawaban kita adalah,”Aku masih nonton TV, Tuhan, nanti ya!” atau “Aku sibuk, Tuhan. Tidak ada waktu buat berdoa-berdoa-an!”   
Anda kehilangan antusiasme yang pernah anda miliki terhadap Allah. Ingatkah anda hari-hari ketika anda sedang berdoa dan merasakan kehadiran Allah berada di sana? Apakah anda telah kehilangan kehadiran Tuhan dalam hidup anda?


Adakah hal lain yang telah mengambil alih waktu persekutuan pribadi anda dengan Allah? Mungkin televisi, media social Facebok atau Instagram, internet, dosa-dosa tertentu, pasangan anda, anak anda, teman anda, orang tua anda, pekerjaan, usaha anda, sekolah dan lain-lain. Bila Anda tidak menyediakan waktu bagi Allah, anda tidak hanya membunuh diri anda sendiri tetapi juga membunuh orang-orang lain.

Apakah anda menyadari dan menerima tanggung jawab ini atau tidak,  Allah telah menyelamatkan anda, sementara beberapa teman anda dan anggota keluarga anda masih kafir.
Anda bertanggung jawab untuk meratapi jiwa-jiwa yang masih terhilang di sekitar anda. Beberapa orang akan diselamatkan karena kehidupan doa anda. Allah ingin menunjukkan kemuliaan-Nya melalui anda, namun anda telah mengabaikan-Nya.
Tidak peduli apakah anda mampu menghafal seluruh isi Alkitab. Tidak peduli apakah anda seorang ahli teologia terbesar yang pernah ada. Jika anda tidak memiliki persekutuan pribadi dengan Allah maka anda ‘mati’. Tidak ada pengkhotbah efektif
tanpa memiliki kehidupan doa.

Saya pernah mengunjungi gereja-gereja di mana pendetanya tidak pernah berdoa dan anda dapat melihatnya karena semua orang di gereja itu ‘mati’. 

Begitu banyak hal-hal yang anda inginkan. Anda ingin anggota keluarga anda diselamatkan, anda ingin mengenal Tuhan lebih dalam, anda ingin Allah menyediakan keperluan anda, anda ingin Allah membantu anda untuk membereskan dosa tertentu, anda ingin Allah membuka jalan bagi anda untuk masuk lebih dalam di kerajaan-Nya, anda ingin Allah menyediakan  pasangan hidup bagi anda; tetapi anda tidak mendapatkan semuanya itu karena anda tidak meminta.

Bagaimana orang Kristen dapat lupa berdoa? Mungkin anda berdoa hari ini, lalu seminggu kemudian baru anda berdoa lagi. Ini harus diubah.  Anda harus sungguh-sungguh dan bertahan dalam doa yang intens dengan Tuhan setiap hari. Berdiamlah dan hentikanlah semua kebisingan! Menjauhlah dari segala sesuatu yang dapat mengalihkan hati dan focus anda dari Allah!
Mungkin anda hanya tahan berdoa selama 15 menit? Maka berdoalah 15 menit! Aturlah waktu berdoa harian anda, mungkin anda dapat meneladani komitmen Daniel dalam hal ini.

Berbicaralah kepada Allah ketika anda berada dimanapun, bahkan ketika di kamar mandi. Berbicaralah kepada-Nya seperti halnya Dia adalah teman terbaik anda. Dia tidak akan pernah menertawakan anda atau mempermalukan anda, justru Allah hanya akan menyemangati, menghibur, menginspirasi, memberikan panduan, memberikan kelegaan, memberikan teguran dan menolong anda.


Inilah beberapa kutipan tentang persekutuan pribadi dengan Allah:

 

Doa-doa kami mungkin terdengar canggung. Upaya kami mungkin lemah. Tetapi karena kuasa doa ada didalam Allah yang mendengar doa dan bukan didalam kami yang mengucapkannya, maka doa-doa kami membuat perbedaan. `Max Lucado.
 
"Jika Tuhan tidak menginginkan sesuatu untuk saya, saya juga tidak harus menginginkan hal itu. Menghabiskan waktu dalam doa dan renungan, agar lebih mengenal Allah, akan membantu menyelaraskan keinginan saya dengan kehendak Tuhan." Phillips Brooks 

"Kita dapat menjadi lelah, kecapaian dan bingung secara emosional, tetapi setelah menghabiskan waktu untuk bersekutu secara pribadi dengan Tuhan, kita menemukan bahwa Allah memberikan ke dalam diri kita energi, kekuatan dan tenaga." Charles Stanley 

"Jika seseorang  ingin dipakai oleh Allah, dia tidak bisa menghabiskan seluruh waktunya hanya dengan manusia." -A. W. Tozer 



Apa yang Alkitab katakan?


"...mereka menerima firman itu dengan segala kerelaan hati dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci..." Kisah Para Rasul 17:11.

Yeremia 2:32 Dapatkah seorang dara melupakan perhiasannya, atau seorang pengantin perempuan melupakan ikat pinggangnya? Tetapi umat-Ku melupakan Aku, sejak waktu yang tidak terbilang lamanya.  
Yesaya 1:18 Marilah, baiklah kita berperkara! --firman TUHAN--Sekalipun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju; sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba.
Yakobus 4:8 Mendekatlah kepada Allah, dan Ia akan mendekat kepadamu. Tahirkanlah tanganmu, hai kamu orang-orang berdosa! dan sucikanlah hatimu, hai kamu yang mendua hati!
Yakobus 4:2-3 Kamu mengingini sesuatu, tetapi kamu tidak memperolehnya, lalu kamu membunuh; kamu iri hati, tetapi kamu tidak mencapai tujuanmu, lalu kamu bertengkar dan kamu berkelahi. Kamu tidak memperoleh apa-apa, karena kamu tidak berdoa. Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu.

Yesus selalu mencari waktu untuk berdoa. Apakah Anda lebih kuat dari Tuhan dan Juruselamat kita sehingga tidak perlu berdoa?
Matius 14:23 Dan setelah orang banyak itu disuruh-Nya pulang, Yesus naik ke atas bukit untuk berdoa seorang diri. Ketika hari sudah malam, Ia sendirian di situ.

Pentingnya doa! Yesus melakukan hal-hal luar biasa, tetapi murid-murid-Nya tidak meminta-Nya untuk mengajari mereka bagaimana melakukan mukjizat besar. Mereka meminta Tuhan mengajarkan mereka untuk berdoa.
Lukas 11:1 Pada suatu kali Yesus sedang berdoa di salah satu tempat. Ketika Ia berhenti berdoa, berkatalah seorang dari murid-murid-Nya kepada-Nya: "Tuhan, ajarlah kami berdoa, sama seperti yang diajarkan Yohanes kepada murid-muridnya."  

Anda telah bertahan, anda telah berjalan tegak, anda telah melakukan banyak hal untuk Kerajaan Allah, namun anda telah kehilangan cinta dan antusiasme terhadap Allah sebagaimana dulu. "Engkau terlalu sibuk bagi-Ku hingga engkau tidak lagi memiliki persekutuan pribadi dengan-Ku." Sediakanlah waktu bagi Allah atau Allah akan menemukan cara agar anda dapat menyediakan waktu bersama-Nya.
Wahyu 2:2-5 Aku tahu segala pekerjaanmu: baik jerih payahmu maupun ketekunanmu. Aku tahu, bahwa engkau tidak dapat sabar terhadap orang-orang jahat, bahwa engkau telah mencobai mereka yang menyebut dirinya rasul, tetapi yang sebenarnya tidak demikian, bahwa engkau telah mendapati mereka pendusta. Dan engkau tetap sabar dan menderita oleh karena nama-Ku; dan engkau tidak mengenal lelah. Namun demikian Aku mencela engkau, karena engkau telah meninggalkan kasihmu yang semula. Sebab itu ingatlah betapa dalamnya engkau telah jatuh! Bertobatlah dan lakukanlah lagi apa yang semula engkau lakukan. Jika tidak demikian, Aku akan datang kepadamu dan Aku akan mengambil kaki dianmu dari tempatnya, jikalau engkau tidak bertobat.

Kita harus berhenti mencoba melakukan hal-hal dengan kekuatan manusia. Kita harus mengandalkan kekuatan Tuhan. Diluar Tuhan kita tidak dapat berbuat apa-apa.
Mazmur 127:1 Nyanyian ziarah Salomo. Jikalau bukan TUHAN yang membangun rumah, sia-sialah usaha orang yang membangunnya; jikalau bukan TUHAN yang mengawal kota, sia-sialah pengawal berjaga-jaga.
Yohanes 15:5 Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.

Hentikan segala kebisingan di sekitar Anda! Berdiamlah, tenanglah, dengarkan Tuhan, dan tempatkan fokus anda hanya kepada Tuhan
Mazmur 46:11 "Diamlah dan ketahuilah, bahwa Akulah Allah! Aku ditinggikan di antara bangsa-bangsa, ditinggikan di bumi!"
Mazmur 131:2 Sesungguhnya, aku telah menenangkan dan mendiamkan jiwaku; seperti anak yang disapih berbaring dekat ibunya, ya, seperti anak yang disapih jiwaku dalam diriku.
Filipi 4:7 Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.
Roma 8:6 Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera.
Yesaya 26:3 Yang hatinya teguh Kaujagai dengan damai sejahtera, sebab kepada-Mulah ia percaya.

Sediakan waktu untuk memuji Tuhan kita. Katakan kepadaNya, “Tuhan, aku datang hanya untuk menaikkan ucapan syukur kepadaMu."
Mazmur 150:1-2 Haleluya! Pujilah Allah dalam tempat kudus-Nya! Pujilah Dia dalam cakrawala-Nya yang kuat! Pujilah Dia karena segala keperkasaan-Nya, pujilah Dia sesuai dengan kebesaran-Nya yang hebat!
Mazmur 117:1-2 Pujilah TUHAN, hai segala bangsa, megahkanlah Dia, hai segala suku bangsa! Sebab kasih-Nya hebat atas kita, dan kesetiaan TUHAN untuk selama-lamanya. Haleluya!

Berbicaralah dengan Tuhan tentang segala sesuatu ketika anda berada di rumah, saat mengemudi, di tempat kerja, di kamar mandi, saat memasak, saat berolahraga, dan lain-lain. Dia adalah Pendengar yang baik, Penolong yang maha besar, dan lebih baik dari sahabat terbaik manapun.
Mazmur 62:9 Percayalah kepada-Nya setiap waktu, hai umat, curahkanlah isi hatimu di hadapan-Nya; Allah ialah tempat perlindungan kita. Sela
1 Tawarikh 16:11 Yang hatinya teguh Kaujagai dengan damai sejahtera, sebab kepada-Mulah ia percaya.
Kolose 4:2 Bertekunlah dalam doa dan dalam pada itu berjaga-jagalah sambil mengucap syukur.
Efesus 6:18 dalam segala doa dan permohonan. Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus,

Menyediakan waktu dengan Tuhan dan mengenal Dia melalui / dalam firman-Nya.
Yosua 1:8  Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.
Mazmur 119:147-148 Pagi-pagi buta aku bangun dan berteriak minta tolong; aku berharap kepada firman-Mu. Aku bangun mendahului waktu jaga malam untuk merenungkan janji-Mu.

Melakukan kehendak Allah bagi hidup Anda selalu mengarah kepada waktu persekutuan pribadi dengan-Nya.
Amsal 16:3 Serahkanlah perbuatanmu kepada TUHAN, maka terlaksanalah segala rencanamu.
Matius 6:33 Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

Bahaya dari tidak pernah menyediakan waktu bagi Allah. Bisa jadi ini pertanda bahwa anda belum sungguh-sungguh percaya kepada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat anda. Percayalah dan terimalah Dia sebagai Tuhan dan Juruselamat anda secara pribadi, sebelum terlambat! Jika tidak, tidak peduli anda melakukan kebaikan sebanyak apapun bahkan dengan memakai namaNya jika hal itu anda lakukan tanpa iman percaya yang sungguh-sungguh, maka jangan kaget apabila suatu hari ketika anda berada dihadapan tahta pengadilanNya, Allah akan mengatakan Aku tidak pernah mengenalmu. Engkau tidak pernah datang di hadapanKu. Enyahlah dari hadapanKu, Aku tidak mengenal engkau. 
Matius 7:23 Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"


Sumber : '25 Bible verses about spending time with God' oleh Fritz Chery untuk biblereasons.com
 
 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...