Sebarkan Pesan Injil

5 Syarat untuk Mengetahui Kehendak Tuhan

Setelah menentukan resolusi Tahun Baru anda, mungkin beberapa dari anda masih bertanya-tanya tentang apakah sebenarnya kehendak Tuhan dalam hidup anda. Maka topik kali ini adalah,


Bagaimana mengetahui kehendak Tuhan dalam hidup anda?

Apakah yang dimaksud dengan kehendak Tuhan:

  1. Yang dimaksud dengan kehendak Tuhan di sini bukanlah rencana Allah yang sudah Ia tetapkan sejak semula, tetapi apa yang Tuhan kehendaki untuk anda lakukan dalam situasi dan kondisi tertentu.
  2. Jika anda telah menerima Yesus secara sungguh-sungguh sebagai Juruselamat dan juga sebagai Tuhan dalam hidup anda, maka untuk mengetahui kehendak Tuhan dalam arti ini sangat penting bagi kita.



Berikut ini 5 syarat untuk mengetahui kehendak Tuhan:


1)   Anda adalah orang Kristen / anak Allah.

  • Sebagai gembala, Yesus hanya memimpin kita yang adalah domba-Nya, Ia tidak memimpin orang kafir / kristen KTP yang adalah kambing.
2)   Anda hidup dalam ketaatan (Mazmur 25:9,12  Amsal 3:5-6  Roma 12:1-2).

  • Adanya dosa sering menyebabkan Tuhan tidak mau menyatakan kehendakNya (1Samuel 14:37  1Samuel 28:6).
3)   Anda ingin mengetahui kehendak Tuhan itu dan mau melakukannya.

  • Kebanyakan orang Kristen tidak menginginkan kehendak Tuhan. Biasanya mereka memutuskan untuk diri mereka sendiri apa yang akan mereka lakukan, lalu meminta Tuhan untuk menyertai dan memberkati apa yang mereka lakukan itu. Dengan kata lain, mereka meminta agar Allah merestui kehendak mereka. Ini salah! Tetapi mari kita renungkan: bukankah tindakan seperti ini yang biasanya kita lakukan? Misalnya dalam mencari pacar, menentukan sekolah / study / pekerjaan, membeli rumah, memilih pelayanan, dan sebagainya?
  • Ada juga orang yang menanyakan kehendak Tuhan, tetapi dalam hati ia sudah memutuskan apa yang akan ia lakukan. Jadi, ia hanya ingin melihat apakah Allah setuju dengan dia atau tidak. Jika Allah setuju, maka ia menuruti Allah, tetapi jika Allah tidak setuju, maka ia akan mengabaikan kehendak Tuhan. Atau ia menanyakan kehendak Tuhan untuk melihat apakah Allah punya kehendak yang lebih baik dari keputusannya itu. Ini jelas juga salah!
  • Ada juga orang yang ingin mengetahui kehendak Tuhan hanya untuk memuaskan rasa ingin tahunya, tetapi ia tidak mempunyai tekad untuk menyesuaikan hidupnya dengan kehendak Tuhan. Ini jelas juga salah.
  • Yang benar adalah: anda harus menanyakan kehendak Tuhan dengan suatu tekad bahwa apapun yang Tuhan perintahkan, anda mau menaatinya! Jika anda menanyakan kehendak Tuhan dengan motivasi ini maka Allah mau menunjukkan kehendakNya kepada anda!
4)   Anda menggunakan cara yang benar untuk mencari kehendak Tuhan.

  • Hanya berbekal ‘hati yang tulus’ dalam mencari kehendak Allah bukanlah jaminan bahwa anda akan mendapatkan kehendak Allah itu. Caranya harus benar! Orang yang mencari Allah dengan cara yang salah (tidak melalui Yesus sebagai satu-satunya jalan), tidak akan mendapatkan Allah. Demikian juga orang yang mencari kehendak Allah, jika caranya salah tidak akan mendapatkan kehendak Allah itu.
5)   Banyaklah berdoa agar Allah menunjukkan kehendak-Nya.





Sumber : Kotbah topik 'Bagaimana mengetahui kehendak Tuhan?' oleh Pdt. Budi Asali, M. Div.



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...