Jum'at Agung

Jum'at Agung: Terang telah mengalahkan kegelapan dan kesucian mengalahkan dosa. "Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa,melainkan beroleh hidup yang kekal." Yohanes 3:16.

Jumat Agung, juga dikenal sebagai "Jumat Suci," adalah hari Jumat segera sebelum hari Minggu Paskah. Ini dirayakan secara tradisional sebagai hari ketika Yesus disalibkan. Jika Anda tertarik untuk mempelajari hal ini, silakan baca artikel kami yang membahas berbagai pandangan pada hari apa Yesus disalibkan. Dengan asumsi bahwa Yesus disalibkan dan meninggal pada hari Jumat, haruskah orang-orang Kristen memperingati kematian Yesus dengan merayakannya pada hari Jumat Agung?

Alkitab tidak memerintahkan orang Kristen untuk memperingati kematian Kristus dengan menghormati suatu hari tertentu. Alkitab memang memberi kita kebebasan dalam masalah ini. Roma 14:5 mengatakan kepada kita, "Yang seorang menganggap hari yang satu lebih penting dari pada hari yang lain, tetapi yang lain menganggap semua hari sama saja. Hendaklah setiap orang benar-benar yakin dalam hatinya sendiri. " Daripada memperingati kematian Kristus pada hari tertentu, setahun sekali, Alkitab memerintahkan kita untuk mengingat kematian Kristus dengan melakukan Perjamuan Tuhan. I Korintus 11:23-26 menyatakan, 23 Sebab apa yang telah kuteruskan kepadamu, telah aku terima dari Tuhan, yaitu bahwa Tuhan Yesus, pada malam waktu Ia diserahkan, mengambil roti 24 dan sesudah itu Ia mengucap syukur atasnya; Ia memecah-mecahkannya dan berkata: "Inilah tubuh-Ku, yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku!" 25 Demikian juga Ia mengambil cawan, sesudah makan, lalu berkata: "Cawan ini adalah perjanjian baru yang dimeteraikan oleh darah-Ku; perbuatlah ini, setiap kali kamu meminumnya, menjadi peringatan akan Aku!" 26 Sebab setiap kali kamu makan roti ini dan minum cawan ini, kamu memberitakan kematian Tuhan sampai Ia datang. "

Mengapa Jumat Agung disebut sebagai "agung"? Apa yang orang Yahudi dan orang Romawi telah lakukan terhadap Yesus jelas tidak baik (lihat Matius pasal 26-27). Namun, hasil kematian Kristus sangat baik! Roma 5:8, " Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa. " I Petrus 3:18 mengatakan kepada kita, "Sebab juga Kristus telah mati sekali untuk segala dosa kita, Ia yang benar untuk orang-orang yang tidak benar, supaya Ia membawa kita kepada Allah; Ia, yang telah dibunuh dalam keadaan-Nya sebagai manusia, tetapi yang telah dibangkitkan menurut Roh."

Banyak gereja Kristen merayakan hari Jumat Agung dengan pelayanan yang penuh khidmat dan ketundukan, biasanya pada malam hari, di mana kematian Kristus dikenang dengan nyanyian rohani yang sungguh-sungguh, doa pengucapan syukur, sebuah kotbah yang berpusat pada penderitaan Kristus bagi kita, dan dirayakan dengan Perjamuan Tuhan. Apakah orang Kristen memilih untuk "merayakan" hari Jumat Agung atau tidak, kejadian hari itu seharusnya kita peringati karena kematian Kristus di kayu salib - bersamaan dengan kebangkitan tubuh-Nya – yang merupakan peristiwa terpenting dari iman Kristen.


Sumber : GotQuestions.org


Tidak ada komentar:

Posting Komentar