Ishtar, Easter, Eoster

Siapakah Ishtar? Adakah kaitannya dengan Easter ? Masih menjelaskan mengenai asal usul Easter (yang diterjemahkan Paskah dalam bahasa Indonesia)

Ishtar adalah dewi perang, kesuburan, dan seks Mesopotamia kuno. Dia ditampilkan dalam Epik Gilgames, dan "Gerbang Ishtar" adalah bagian dari Babel Nebukadnezar. Penyembahannya meliputi pengorbanan hewan; benda yang terbuat dari batu sucinya, lapis lazuli; dan pelacuran kuil. Beberapa orang menuduh ada hubungan antara Ishtar dan Paskah (Easter). Sebuah meme*) populer telah beredar di internet sehingga memperkuat tuduhan ini. Pada meme tersebut kata-kata berikut ditempatkan di atas gambar Ishtar: "Ini adalah Ishtar: dibaca 'Paskah' (Easter). Paskah (Easter) pada awalnya adalah perayaan Ishtar, dewi kesuburan dan seks bangsa Asyur dan Babilonia. Lambang Ishtar (seperti telur dan kelinci) masih merupakan lambang kesuburan dan seks (jadi masihkan Anda benar-benar berpikir bahwa telur dan kelinci ada hubungannya dengan kebangkitan?). Setelah kaisar Konstantinus memutuskan untuk mengkristenkan Kekaisaran, Paskah (Easter) telah diubah untuk mewakili Yesus. Tapi pada akarnya, Easter (begitulah cara Anda mengucapkan Ishtar) adalah perayaan kesuburan dan seks."



Namun, sama sekali tidak ada hubungan yang konklusif antara dewi pagan Ishtar dan perayaan Paskah Kristen. Setiap teori bahwa Paskah diberi nama menurut Ishtar adalah sepenuhnya dugaan. Tidak ada bukti bahwa Ishtar pernah dikaitkan dengan telur atau kelinci sebagai lambang. Sebenarnya binatang suci Ishtar sepertinya adalah singa.


Ada beberapa teori tentang asal mula kata Easter yang lebih bisa dipercaya daripada teori Ishtar. Salah satunya adalah bahwa Easter mendapatkan namanya dari Eostre, seorang dewi Jerman abad kedelapan yang (diasumsikan) dirayakan sekitar waktu Paskah setiap tahun. Tetapi bahkan teori ini memiliki masalah besar, karena tidak ada bukti nyata bahwa siapa pun pernah memuja seorang dewi bernama Eostre - juga tidak ada tempat suci yang didedikasikan untuk menyembah Eostre, tidak ada altarnya, dan tidak ada dokumen kuno yang menyebutkannya. Yang lain berpendapat bahwa kata Easter berasal dari kata bahasa Latin di albis, yang berhubungan dengan alba ("fajar" atau "fajar" dalam bahasa Spanyol dan Italia). Dalam bahasa German kuno, di albis menjadi eostarum, yang akhirnya menjadi Ostern dalam bahasa Jerman modern dan Easter dalam bahasa Inggris. Kata bahasa Perancis untuk "Easter" adalah Pâcques, berdasarkan bahasa Latin dan bahasa Yunani Pascha, yang berarti "Paskah". (Terjemahan bahasa Indonesia: Paskah, sepertinya mengacu pada bahasa Yunani dan bahasa Latin Pascha).

Bahkan kalaupun dapat dibuktikan bahwa kata Easter secara etimologis*) terkait dengan nama dewi berhala seperti Ishtar atau Eostre, itu tidak akan mengubah makna perayaan Paskah bagi kita. (Kata Wednesday (hari Rabu) berasal dari kata Woden's day untuk menghormati dewa Norse yaitu Woden atau Odin - tetapi kita tidak pernah meributkan tentang asal kafir kata Rabu.) Terlepas dari asal usul nama Easter, Easter / Paskah  adalah perayaan kebangkitan Yesus Kristus. Kebangkitan Yesus adalah doktrin penting tentang iman Kristen yang menyatakan secara pasti bahwa Yesus telah menaklukkan kematian dan kuasa maut dan terbukti adalah Juruselamat dunia dari dosa dan kematian. "Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal." (Yohanes 3:16).
 
1 Korintus 15:14 "Tetapi andaikata Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah pemberitaan kami dan sia-sialah juga kepercayaan kamu." 
-
 
 Sumber : GotQuestions.org
 -

*) Meme : gambar, video, teks, dll., biasanya lucu di alam, disalin dan menyebar dengan cepat oleh pengguna Internet, seringkali dengan sedikit variasi.
*) Etimologis (etymology (/ ˌɛtɪmɒlədʒi /) adalah studi tentang sejarah kata-kata, asal usul mereka, dan bagaimana bentuk dan maknanya telah berubah dari waktu ke waktu. Dengan kata lain, istilah "etimologi (kata)" berarti asal kata tertentu.



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar