Paskah


"Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya." Matius 28:6. Picture courtesy: Sesawi.net

Paskah berasal dari kata bahasa Yunani dan Latin "Pascha", hari raya yang merayakan hari kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati. Bentuk verbal dari kata ini, pascho dalam bahasa Yunani, berarti "menderita." Awalnya, kata Ibrani pasach mengacu pada pesta Paskah (Keluaran 12) yang dirayakan pada minggu yang sama dengan ketika Yesus disalibkan. Dalam tradisi Yahudi, Paskah adalah 8 hari, dimulai pada Nissan 15, untuk merayakan keluarnya (eksodus) orang-orang Israel dari Mesir.

Tradisi keagamaan yang berbeda merayakan Paskah pada waktu yang berbeda. Gereja Barat (baik Katolik Roma maupun Protestan) merayakan Pascha atau Paskah pada hari Minggu segera setelah bulan purnama Paschal tahun itu. Bulan purnama Paschal ini didasarkan pada tabel sejarah daripada peristiwa lunar. Paskah selalu jatuh pada hari Minggu antara 22 Maret dan 25 April. Gereja Orthodox (Timur) mendasarkan Paskah mereka pada kalender Julian yang mereka klaim mengikuti keputusan Dewan Nicea.

Menariknya, dalam satu bagian dari Perjanjian Baru, rasul Paulus menyebut Yesus sebagai "Kristus, anak domba Paskah kita" atau "Anak Domba Paskah"I Korintus 5:7 berbunyi, "Sebab anak domba Paskah kita juga telah disembelih, yaitu Kristus."


Dalam Paskah Yahudi, domba yang tidak bercacat-cela dibunuh saat matahari terbenam dan dipanggang sebagai makanan bagi keluarga di rumah. Pada Paskah pertama, Tuhan meminta agar darah dari anak domba itu dioleskan di bagian samping dan atas kusen pintu rumah masing-masing keluarga Yahudi.

Dalam Perjanjian Baru, Yesus menjadi domba korban Paskah, yang mewakili kebebasan dan keselamatan bagi umat Allah.

Sebenarnya, beberapa orang telah mengamati bahwa darah di tiang dan ambang pintu bisa dihubungkan untuk membentuk salib. Salib telah menjadi "pintu" yang memberikan keselamatan bagi orang percaya dan menyebabkan kematian "melewati" mereka.


Sumber : GotQuestions.org



Tidak ada komentar:

Posting Komentar