Penjelasan tentang Minggu Paskah (Easter Sunday)

Minggu Paskah. Yesus telah bangkit! Mari rayakan kebangkitan-Nya.

Ada banyak kebingungan mengenai apa sebenarnya hari Minggu Paskah. Bagi beberapa orang, Minggu Paskah adalah tentang kelinci Paskah, telur Paskah yang dihias dengan warna-warni, dan berburu telur Paskah. Kebanyakan orang mengerti bahwa hari Minggu Paskah ada hubungannya dengan kebangkitan Yesus, namun bingung bagaimana kebangkitan Yesus berhubungan dengan telur Paskah dan kelinci Paskah.


Secara Alkitabiah, sama sekali tidak ada hubungan antara kebangkitan Yesus Kristus dan tradisi modern umum yang berkaitan dengan hari Minggu Paskah. Sebagai latar belakang, silahkan baca artikel kami tentang asal usul Paskah (Easter) . Intinya, apa yang terjadi adalah : bahwa untuk membuat Kekristenan lebih menarik bagi orang-orang non-Kristen, Gereja Katolik Roma kuno mencampur-adukkan perayaan kebangkitan Yesus dengan perayaan-perayaan yang melibatkan ritual kesuburan musim semi. Ritual kesuburan musim semi ini adalah sumber dari tradisi telur dan kelinci.

Alkitab memperjelas bahwa Yesus dibangkitkan pada hari pertama minggu itu, yakni pada hari Minggu (Matius 28: 1; Markus 16: 2,9; Lukas 24: 1; Yohanes 20: 1,19). Kebangkitan Yesus merupakan peristiwa penting yang mendasari Kekristenan dan paling layak untuk dirayakan (lihat 1 Korintus 15). Meskipun cocok bahwa kebangkitan Yesus dirayakan pada hari Minggu, namun hari perayaan kebangkitan Yesus seharusnya tidak disebut Paskah. Paskah tidak ada hubungannya dengan kebangkitan Yesus pada hari Minggu.

Akibatnya, banyak orang Kristen yang merasa sangat yakin bahwa hari dimana kebangkitan Yesus dirayakan seharusnya tidak disebut sebagai "Minggu Paskah." Melainkan
akan jauh lebih tepat dan Alkitabiah disebut sebagai"Minggu Kebangkitan" . Bagi orang Kristen, adalah tidak terpikirkan bahwa kita membiarkan kekonyolan telur Paskah dan kelinci Paskah menjadi fokus pada hari itu dan bukannya kebangkitan Yesus.

Jawab Yesus: "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?"Yohanes 11:25-26

Kesimpulannya, tidak masalah merayakan kebangkitan Kristus pada hari Minggu Paskah. Kebangkitan Kristus adalah sesuatu yang layak dan seharusnya dirayakan setiap hari, tidak hanya setahun sekali. Sejalan dengan itu, jika kita memilih untuk merayakan hari Minggu Paskah, kita seharusnya tidak membiarkan kesenangan dan permainan mengalihkan perhatian kita dari makna sebenarnya  - yaitu fakta bahwa Yesus dibangkitkan dari kematian, dan kebangkitan-Nya menunjukkan bahwa kita memang dapat telah dijanjikan sebuah tempat tinggal kekal di Surga dengan menerima Yesus sebagai Juruselamat kita.


Sumber : GotQuestions.org

Selamat hari Paskah! Tuhan Yesus Kristus telah bangkit! Terpujilah Nama Tuhan!

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar