|
Bagian 6 |
d) Pesta pora dan
tukar hadiah.
Kutipan dari Internet: “engkau berkata, bukankah saling
tukar hadiah itu Alkitabiah? Jawabnya adalah TIDAK! Dari Biblioteca Sacra,
edisi 12, hal 153-155, kita baca, Saling tukar hadiah di antara kawan-kawan
menjadi karakteristik yang sama antara perayaan Natal dan Saturnalia, dan
diadopsi oleh orang-orang Kristen dari penyembahan berhala, sebagaimana yang
ditunjukkan dengan jelas oleh Tertullian. Faktanya adalah bahwa saling tukar
hadiah dengan kawan-kawan dan tetangga dan famili pada hari Natal adalah tidak
ada nilai Kekristenannya sama sekali! Perbuatan ini TIDAK berhubungan dengan kelahiran Kristus ataupun
menghormati Dia. Sikap pilih kasih yang sering dilakukan dalam memberi menjadi
tanda lainnya yang menunjukkan bahwa saling tukar hadiah tidak sejalan dengan
firman Allah. Kami tidak anti terhadap semangat memberi, tetapi mengapa harus
menunggu sampai dengan bulan Desember, jika waktu-waktu lainnya dalam tahun itu
akan lebih berguna? Juga cara dalam hal memberi sering menunjukkan
ketidaktulusan. Banyak dari mereka yang memberi berharap untuk mendapatkan
balasan. Ini sama sekali terpisah dari Roh Allah dan mereka telah mendapat
upahnya! Coba perhatikan ini: miliaran dollar harus dikeluarkan untuk
hadiah-hadiah setiap tahunnya hanya oleh SATU DOKTRIN YANG SALAH. Pengajaran
yang salah ini adalah: Oleh karena orang majus membawa persembahan kepada
Yesus, oleh sebab itu kita juga harus memberi. Tetapi apakah pemberian kita
kepada Yesus? Kepada pekerjaan-Nya? Tidak. TIDAK. Kita memberi hadiah yang
bernilai miliaran dollar kepada satu sama lain. KEBENARANNYA adalah ini:
Orang-orang majus membawa persembahannya langsung kepada Yesus, bukan kepada
satu sama lain. Dan pemberian mereka bukanlah pemberian sebagai hadiah
kelahiran-Nya. Mereka datang kepada-Nya setelah berbulan-bulan kemudian ketika
Yesus bukan lagi bayi yang baru lahir di dalam sebuah rumah (bukan kandang)
(Matius 2:9,11) di Nazaret, bukan Betlehem, Lukas 2:39. Jika seseorang ingin
mengunjungi seorang raja, maka ia harus membawa hadiah. Itulah kebiasaan yang
umum di negeri Timur jauh. Orang-orang majus ini tidak memberikan HADIAH
KELAHIRAN kepada Yesus! Mereka merindukan datangnya RAJA YAHUDI dan mereka
membawa persembahan kepada-Nya oleh karena Ia dulu, sekarang dan besok tetap
RAJA! Beberapa orang mengatakan
bahwa Semangat Natal dan pemberian hadiah merupakan suatu hal yang baik. Tetapi
sesungguhnya itu merupakan ADAT KEBIASAAN YANG KEJI. Setiap tahun orang-orang
Kristen menghabiskan tabungan mereka untuk hadiah-hadiah Natal yang tidak
bermanfaat. Banyak dari mereka yang jatuh dalam hutang dan menjalani hidup
tahun berikutnya dengan membayar hutang untuk hadiah yang telah mereka beli
sebagai balasan dari hadiah yang mereka terima. Saling tukar hadiah satu sama
lain sama sekali tidak merayakan hari kelahiran-Nya ataupun menghormati-Nya.
Sebaliknya, Natal adalah KEJIJIKAN bagi Tuhan Yesus. Natal adalah kejijikan
bagi pekerjaan Tuhan dan umat Tuhan. Miliaran dollar digunakan untuk
pernik-pernik dan barang-barang yang tidak penting. Sejumlah uang milik Tuhan digunakan
untuk hal-hal yang bodoh, pesta pora dengan makanan-makanan yang lezat,
memenuhi nafsu serakahnya. Sebagai akibatnya mereka menderita berbagai macam
penyakit oleh karena kerakusannya. Semua ini merupakan kekejian bagi Tuhan dan
sama sekali TIDAK BERHUBUNGAN dengan kelahiran Tuhan kita Yesus Kristus. Natal
merupakan saat yang penuh dengan kedagingan pada tingkat yang tinggi, sementara
nilai kerohaniannya rendah. Kita tahu bahwa orang-orang yang BELUM DISELAMATKAN
tidak menyembah Yesus. Tetapi mereka SUNGGUH-SUNGGUH MENIKMATI NATAL! Mengapa?
Oleh karena perhiasan-perhiasannya, pesta-pestanya, hadiah-hadiahnya, dsb.
semua yang berkaitan dengan dagingnya. INILAH ROH NATAL yang telah mencengkeram
seluruh dunia. Apakah itu Roh Tuhan? Bukan! INILAH SAATNYA bagi mereka yang
hendak menjadi ANAK-ANAK ALLAH untuk meninggalkan semua sampah semacam itu.”
Tanggapan:
1. Ini kata-kata dari orang yang memang sudah
antipati / berprasangka, dan selalu menyoroti sudut negatifnya, dan mempunyai
pikiran cupet / tidak berpikiran panjang. Memang bisa ada
ketidak-tulusan, berharap mendapat balasan, dan sebagainya. Tetapi apakah semua
orang Kristen seperti itu? Kalau hanya sebagian, bahkan hanya sebagian kecil
yang seperti itu, haruskah semuanya dibuang?
Dalam memberi persembahan kepada Tuhan, bukankah juga banyak
orang yang tidak tulus, yang mengharapkan balasan berlipat ganda dan
sebagainya? Jadi, apakah acara persembahan dalam gereja harus dihapuskan?
Dalam segala hal yang dilakukan terhadap Tuhan, seperti berbakti,
berdoa, melayani, dsb, selalu bisa ada motivasi yang salah. Ini tidak
menyebabkan semua itu harus dibuang.
2. Tentang adanya
orang Kristen yang dikatakan menghabiskan uang tabungannya, sampai berhutang
dsb, menurut saya ini suatu penggambaran berlebihan (exaggeration), yang berbau
fitnahan. Itu mungkin terjadi pada banyak orang Islam di Indonesia pada saat
merayakan Idul Fitri, tetapi tidak pada diri orang Kristen yang merayakan Natal
atau memberi hadiah pada Natal. Dan
kalau memang ada orang Kristen seperti itu, itu kesalahan orang itu sendiri. Haruskah,
karena kesalahan satu atau dua orang dalam merayakan Natal, kita membuang
seluruh Natal?
3. Tukar hadiah,
sekalipun memang tidak boleh dijadikan suatu keharusan, bisa menjadi sesuatu
yang menyenangkan dan mengakrabkan. Jadi ini bisa menjadi sesuatu yang
memajukan persekutuan, dan karena itu bisa menjadi sesuatu yang baik. Jadi,
mengapa hanya mencari-cari sudut jeleknya, dan mengabaikan sudut baiknya?
4. Tentang asal usul
tukar hadiah, penulis internet di atas bertentangan dengan dirinya sendiri.
Mula-mula ia mengatakan itu berasal dari perayaan Saturnalia, lalu ia
mengatakan bahwa itu berasal dari pemberian orang-orang Majus kepada Kristus.
Yang mana yang benar? Jelas bahwa orang bodoh ini tidak mengerti apa yang ia
sendiri katakan. Dan jelas bahwa asal usul dari tukar menukar hadiah itu, tidak
bisa dipastikan.
Di bawah akan kita lihat bahwa Edersheim mengatakan bahwa
orang-orang Yahudi juga melakukan tukar hadiah pada perayaan Purim. Apakah tidak
mungkin bahwa ini asal usulnya?
5. Pesta dan makan
tidak salah selama tidak berlebihan dan tidak disertai hal-hal yang amoral /
bertentangan dengan Kitab Suci. Ini terlihat dari hal-hal sebagai berikut:
a. Dalam Perjanjian
Lama ada beberapa pesta / perayaan yang bahkan diharuskan!
- Keluaran 23:14 -
“‘Tiga kali setahun haruslah engkau mengadakan perayaan bagiKu”.
- Imamat 8:33 -
“Janganlah kamu pergi dari depan pintu Kemah Pertemuan selama tujuh hari,
sampai kepada genapnya perayaan pentahbisan, karena perayaan pentahbisan akan
berlangsung tujuh hari lamanya”.
- Bandingkan dengan
Nehemia 8:17-19 - “(17) Maka pergilah orang mengambil daun-daun itu, lalu
membuat pondok-pondok, masing-masing di atas atap rumahnya, di pekarangan
mereka, juga di pelataran-pelataran rumah Allah, di lapangan pintu gerbang Air
dan di lapangan pintu gerbang Efraim. (18) Seluruh jemaah yang pulang dari
pembuangan itu membuat pondok-pondok dan tinggal di situ. Memang sejak zaman
Yosua bin Nun sampai hari itu orang Israel tidak pernah berbuat demikian. Maka
diadakanlah pesta ria yang amat besar. (19) Bagian-bagian kitab Taurat Allah
itu dibacakan tiap hari, dari hari pertama sampai hari terakhir. Tujuh hari
lamanya mereka merayakan hari raya itu dan pada hari yang kedelapan ada
pertemuan raya sesuai dengan peraturan”.
b. Ayub, yang oleh Kitab Suci dikatakan sebagai
orang yang sangat saleh, tidak keberatan kalau anak-anaknya mengadakan pesta.
- Ayub 1:4-5 - “(4)
Anak-anaknya yang lelaki biasa mengadakan pesta di rumah mereka masing-masing
menurut giliran dan ketiga saudara perempuan mereka diundang untuk makan dan
minum bersama-sama mereka. (5) Setiap kali, apabila hari-hari pesta telah
berlalu, Ayub memanggil mereka, dan menguduskan mereka; keesokan harinya,
pagi-pagi, bangunlah Ayub, lalu mempersembahkan korban bakaran sebanyak jumlah
mereka sekalian, sebab pikirnya: ‘Mungkin anak-anakku sudah berbuat dosa dan
telah mengutuki Allah di dalam hati.’ Demikianlah dilakukan Ayub senantiasa”.
Alangkah
berbedanya sikap Ayub ini dengan sikap orang-orang munafik yang menunjukkan
sikap sok suci mereka dengan anti pesta!
c. Yesus bahkan memberikan perintah yang
bijaksana bagi orang-orang yang menghadiri suatu pesta.
- Lukas 14:7-11 -
“(7) Karena Yesus melihat, bahwa tamu-tamu berusaha menduduki tempat-tempat
kehormatan, Ia mengatakan perumpamaan ini kepada mereka: (8) ‘Kalau seorang
mengundang engkau ke pesta perkawinan, janganlah duduk di tempat kehormatan,
sebab mungkin orang itu telah mengundang seorang yang lebih terhormat dari
padamu, (9) supaya orang itu, yang mengundang engkau dan dia, jangan datang dan
berkata kepadamu: Berilah tempat ini kepada orang itu. Lalu engkau dengan malu
harus pergi duduk di tempat yang paling rendah. (10) Tetapi, apabila engkau
diundang, pergilah duduk di tempat yang paling rendah. Mungkin tuan rumah akan
datang dan berkata kepadamu: Sahabat, silakan duduk di depan. Dan dengan
demikian engkau akan menerima hormat di depan mata semua tamu yang lain. (11)
Sebab barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa
merendahkan diri, ia akan ditinggikan.’”.
Bagaimana mungkin Yesus memberikan peraturan seperti ini
kalau pesta memang dilarang?
d. Kitab Suci
beberapa kali menceritakan bahwa Yesus sendiri juga menghadiri pesta.
- Yohanes 2:1-11 - “(1) Pada hari ketiga ada perkawinan di
Kana yang di Galilea, dan ibu Yesus ada di situ; (2) Yesus dan murid-muridNya
diundang juga ke perkawinan itu. (3) Ketika mereka kekurangan anggur, ibu Yesus
berkata kepadaNya: ‘Mereka kehabisan anggur.’ (4) Kata Yesus kepadanya: ‘Mau
apakah engkau dari padaKu, ibu? SaatKu belum tiba.’ (5) Tetapi ibu Yesus
berkata kepada pelayan-pelayan: ‘Apa yang dikatakan kepadamu, buatlah itu!’ (6)
Di situ ada enam tempayan yang disediakan untuk pembasuhan menurut adat orang
Yahudi, masing-masing isinya dua tiga buyung. (7) Yesus berkata kepada
pelayan-pelayan itu: ‘Isilah tempayan-tempayan itu penuh dengan air.’ Dan
merekapun mengisinya sampai penuh. (8) Lalu kata Yesus kepada mereka: ‘Sekarang
cedoklah dan bawalah kepada pemimpin pesta.’ Lalu merekapun membawanya. (9)
Setelah pemimpin pesta itu mengecap air, yang telah menjadi anggur itu - dan ia
tidak tahu dari mana datangnya, tetapi pelayan-pelayan, yang mencedok air itu,
mengetahuinya - ia memanggil mempelai laki-laki, (10) dan berkata kepadanya:
‘Setiap orang menghidangkan anggur yang baik dahulu dan sesudah orang puas
minum, barulah yang kurang baik; akan tetapi engkau menyimpan anggur yang baik
sampai sekarang.’ (11) Hal itu dibuat Yesus di Kana yang di Galilea, sebagai
yang pertama dari tanda-tandaNya dan dengan itu Ia telah menyatakan
kemuliaanNya, dan murid-muridNya percaya kepadaNya”.
- Yohanes 4:45 - “Maka setelah ia tiba di Galilea, orang-orang
Galileapun menyambut Dia, karena mereka telah melihat segala sesuatu yang
dikerjakanNya di Yerusalem pada pesta itu, sebab mereka sendiripun turut ke
pesta itu”.
- Yohanes 7:2-10 - “(2) Ketika itu sudah dekat hari raya orang
Yahudi, yaitu hari raya Pondok Daun. (3) Maka kata saudara-saudara Yesus
kepadaNya: ‘Berangkatlah dari sini dan pergi ke Yudea, supaya murid-muridMu
juga melihat perbuatan-perbuatan yang Engkau lakukan. (4) Sebab tidak
seorangpun berbuat sesuatu di tempat tersembunyi, jika ia mau diakui di muka
umum. Jikalau Engkau berbuat hal-hal
yang demikian, tampakkanlah diriMu kepada dunia.’ (5) Sebab saudara-saudaraNya
sendiripun tidak percaya kepadaNya. (6) Maka jawab Yesus kepada mereka:
‘WaktuKu belum tiba, tetapi bagi kamu selalu ada waktu. (7) Dunia tidak dapat
membenci kamu, tetapi ia membenci Aku, sebab Aku bersaksi tentang dia, bahwa
pekerjaan-pekerjaannya jahat. (8) Pergilah kamu ke pesta itu. Aku belum pergi
ke situ, karena waktuKu belum genap.’ (9) Demikianlah kataNya kepada mereka,
dan Iapun tinggal di Galilea. (10) Tetapi sesudah saudara-saudara Yesus
berangkat ke pesta itu, Iapun pergi juga ke situ, tidak terang-terangan tetapi
diam-diam. ... (14) Waktu pesta itu sedang berlangsung, Yesus masuk ke Bait
Allah lalu mengajar di situ. ... (37) Dan pada hari terakhir, yaitu pada puncak
perayaan itu, Yesus berdiri dan berseru: ‘Barangsiapa haus, baiklah ia datang
kepadaKu dan minum!”.
Yang dilarang
oleh Kitab Suci dalam ayat-ayat di bawah ini, jelas bukan seadanya pesta,
tetapi pesta pora yang berlebihan.
- Lukas 21:34 - “‘Jagalah dirimu, supaya hatimu
jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan
duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu
seperti suatu jerat”.
- Roma 13:13 - “Marilah kita hidup dengan
sopan, seperti pada siang hari, jangan dalam pesta pora dan kemabukan, jangan
dalam percabulan dan hawa nafsu, jangan dalam perselisihan dan iri hati”.
- Galatia 5:19-21 - “(19) Perbuatan daging
telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, (20) penyembahan
berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri
sendiri, percideraan, roh pemecah, (21) kedengkian, kemabukan, pesta pora dan
sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu - seperti yang telah
kubuat dahulu - bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak
akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah”.
- 1Petrus 4:3 - “Sebab telah cukup banyak
waktu kamu pergunakan untuk melakukan kehendak orang-orang yang tidak mengenal
Allah. Kamu telah hidup dalam rupa-rupa hawa nafsu, keinginan, kemabukan, pesta
pora, perjamuan minum dan penyembahan berhala yang terlarang”.
Perhatikan bahwa
dalam semua ayat-ayat di atas, kata-kata ‘pesta pora’ selalu bergandengan
dengan ‘kemabukan’.
e) Kesibukan, tenaga dan uang yang dikeluarkan.
Kutipan dari
Internet: “Menimbang banyaknya kesibukan yang harus dilakukan, dan waktu,
tenaga dan uang yang harus dikeluarkan, hanya untuk menikmati perayaan ini,
maka adalah PEMIKIRAN YANG BIJAKSANA jika kita mau berpegang pada firman
Allah”.
Jawaban saya:
Orang bodoh ini
menganggap Natal tidak berguna, sehingga lalu menganggap semua kesibukan,
tenaga, uang, pikiran yang dikeluarkan untuk Natal sebagai sia-sia. Tetapi
kalau ia mau membuka matanya sedikit saja, maka mungkin ia bisa melihat bahwa
pada perayaan Natal kita bisa memberitakan Injil, mengembalikan kasih yang
semula, mengingat kembali cinta Tuhan bagi kita, mempererat persekutuan dengan
sesama saudara seiman, dan seharusnya ia bisa melihat bahwa semua ini bukanlah
sesuatu yang sia-sia.
f) Kartu Natal.
Dalam persoalan
mengirim kartu Natal, ini memang bisa menjadi suatu pemborosan uang. Saya
sering ‘memarahi’ jemaat saya yang melakukan pemborosan uang dengan mengirim
kartu Natal kepada saya, padahal mereka bertemu dengan saya dalam kebaktian. Mengapa
tidak memberi selamat Natal dengan tangan saja, yang biayanya gratis? Tetapi
pada saat yang sama saya tidak anti secara mutlak terhadap pengiriman kartu
Natal, karena pengiriman kartu Natal itu bisa menjadi sarana penginjilan kalau
kita memilih kartu yang kata-katanya bersifat penginjilan, atau kalau kita
menuliskan ayat-ayat yang injili pada kartu Natal tersebut.
Juga sekarang,
dengan adanya handphone dan SMS, maka ucapan selamat Natal bisa dilakukan
melalui SMS dengan lebih cepat dan lebih murah. Hal yang sama bisa
dilakukan dengan email / internet.
g) Mistletoe.
Encyclopedia Britannica 2000 dengan topik ‘Mistletoe’:
“any of many species of semiparasitic green plants of the
families Loranthaceae and Viscaceae, especially those of the genera Viscum,
Phoradendron, and Arceuthobium, all members of the Viscaceae. Viscum album, the
traditional mistletoe of literature and Christmas celebrations, is distributed
throughout Eurasia from Great Britain to northern Asia. Its North American
counterpart is Phoradendron serotinum. Species of the genus Arceuthobium,
parasitic primarily on coniferous trees, are known by the name dwarf mistletoe.
The legendary mistletoe was known for centuries before the Christian era. It
forms a drooping yellowish evergreen bush, 0.6 to 0.9 m (about 2 to 3 feet)
long, on the branch of a host tree. It has thickly crowded, forking branches
with oval to lance-shaped, leathery leaves about 5 cm (2 inches) long, arranged
in pairs, each opposite the other on the branch. The flowers, in compact
spikes, are bisexual, unisexual, or regular. They are yellower than the leaves
and appear in the late winter and soon give rise to one-seeded, white berries,
which when ripe are filled with a sticky, semitransparent pulp. These berries,
and those of other mistletoes, contain toxic compounds poisonous to animals and
to humans. Most tropical mistletoes are pollinated by birds, most temperate
species by flies and wind. Fruit-eating birds distribute the seeds in their
droppings or by wiping their beaks, to which the seeds often adhere, against
the bark of a tree. After germination a modified root (haustorium) penetrates
the bark of the host tree and forms a connection through which water and
nutrients pass from host to parasite. Mistletoes contain chlorophyll and can
make some of their own food. Most mistletoes parasitize a variety of hosts, and
some species even parasitize other mistletoes, which, in turn, are parasitic on
a host. The Eurasian Viscum album is most abundant on apple trees, poplars, willows,
lindens, and hawthorns. Species of Phoradendron in America also parasitize many
deciduous trees, including oaks. In some parts of Europe the midsummer
gathering of mistletoe is still associated with the burning of bonfires, a
remnant of sacrificial ceremonies performed by ancient priests, or druids.
Mistletoe was once believed to have magic powers as well as medicinal
properties. Later, the custom developed in England (and, still later, the
United States) of kissing under the mistletoe, an action that once was believed
to lead inevitably to marriage. Mistletoes are slow-growing but persistent;
their natural death is determined by the death of the hosts. They are pests of
many ornamental, timber, and crop trees and are the cause of abnormal growths
called ‘witches’ brooms’ that deform the branches and decrease the reproductive
ability of the host. The only effective control measure is complete removal of
the parasite from the host”.
Saya hanya menterjemahkan bagian yang saya garis-bawahi,
yaitu: “Mistletoe pernah dipercaya mempunyai kekuatan magis maupun khasiat
pengobatan. Belakangan, berkembang suatu kebiasaan di Inggris (dan, lebih
belakangan lagi, di Amerika Serikat) tentang penciuman di bawah mistletoe,
suatu tindakan yang pernah dipercaya akan membimbing secara tak terelakkan pada
pernikahan”.
Tradisi penciuman di Inggris dan Amerika berkenaan dengan
tanaman mistletoe ini, adalah sebagai berikut: dalam suatu perayaan Natal,
tanaman mistletoe ini dijadikan hiasan yang biasanya diletakkan di langit-langit
rumah. Kalau ada orang yang tanpa sengaja tahu-tahu berdiri di bawah tanaman
itu, maka siapapun boleh mencium orang itu. Tradisi ini boleh dikatakan tidak ada di Indonesia, dan juga tidak terlalu
penting.
Memang jelas
bahwa perayaan Natal sering dicampur aduk dengan hal-hal yang sama sekali tidak
ada hubungannya dengan Natal, dan bahkan dengan hal-hal yang bertentangan
dengan Kitab Suci, seperti pesta pora, mabuk-mabukan, dan khususnya Sinterklaas
/ Santa Claus dan lagu-lagu tentangnya, yang paling saya benci, karena
merupakan suatu dusta. Hal-hal ini memang harus dibuang dari perayaan Natal.
Tetapi bahwa ada orang-orang tertentu yang merayakan Natal dengan menggunakan
hal-hal ini, tidak berarti bahwa kita harus membuang seluruh Natal. Sama saja
kalau ada orang menggunakan mobil untuk merampok, itu tidak berarti bahwa kita
tidak boleh menggunakan mobil. Juga kalau ada sebagian orang Kristen berbakti
dengan cara yang salah, itu tidak berarti bahwa semua kebaktian harus dibuang.
Jadi, saya
berpendapat perayaan Natal bukannya harus dibuang tetapi harus dimurnikan /
dibersihkan. Saudara mungkin berkata bahwa tidak mungkin kita bisa
memurnikan Natal. Maka saya jawab
bahwa gereja juga banyak mengandung kebobrokan, dan harus dimurnikan. Apakah
mungkin memurnikan gereja? Jelas tidak mungkin, tetapi kita toh tidak ragu-ragu
untuk mempertahankan keberadaan gereja. Lalu apa bedanya dengan Natal?
Sumber: Golgotha Ministry, Bolehkah Merayakan Natal? oleh
Pdt. Budi Asali, M.Div.
Daftar isi, posting bagian 6
Macam-macam alasan untuk menentang Natal dan jawabannya
Lanjutan point 6) Adanya hal-hal yang dianggap salah yang
menyertai Natal
d) Pesta pora dan tukar hadiah
e) Kesibukan, tenaga dan uang yang
dikeluarkan
f)
Kartu Natal
g) Mistletoe