Sebarkan Pesan Injil

Arti kata Hosana




Kata hosana sering digunakan dalam beberapa lagu pujian, terutama pada hari Minggu Palem. Kata ini berasal dari bahasa Ibrani dan merupakan bagian dari teriakan/seruan orang banyak ketika Yesus memasuki Yerusalem: “Hosana bagi Anak Daud, diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, hosana di tempat yang mahatinggi! “! (Matius 21: 9).

 
Apakah sebenarnya arti kata hosana?



Hosana sering dianggap sebagai suatu pernyataan pujian, seperti kata haleluya, tetapi sebenarnya hosana adalah suatu permohonan untuk keselamatan. Akar kata-kata Ibrani ditemukan dalam Mazmur 118:25, yang berkata, “Ya TUHAN, berilah kiranya keselamatan!” Kata-kata Ibrani ‘yasha’ ( “membebaskan, menyelamatkan”) dan ‘anna’ ( “memohon, meminta”) digabungkan untuk membentuk satu kata yang dalam bahasa Inggris, adalah “hosanna.” Secara harfiah, hosana berarti “Kami mohon selamatkanlah kami!” Atau “Kami mohon bebaskanlah kami!”

Jadi, ketika Yesus naik keledai memasuki kota Yerusalem, kerumunan orang banyak dengan sangat tepat berseru “Hosana!” Mereka mengakui Yesus sebagai Mesias mereka, terlihat dari bagaimana mereka menyebut Yesus “Anak Daud.” Seruan/teriakan mereka adalah suatu permohonan keselamatan dan suatu pengakuan bahwa Yesus mampu menyelamatkan.

Kemudian pada hari itu, saat Yesus berada di Bait Allah, dan anak-anak yang hadir berseru lagi, “Hosana bagi Anak Daud!” (Matius 21:15). Imam-imam kepala dan guru-guru agama menjadi sangat jengkel: "Engkau dengar apa yang dikatakan anak-anak ini?"
Tanya mereka kepada Yesus. Kata Yesus kepada mereka: "Aku dengar; belum pernahkah kamu baca: Dari mulut bayi-bayi dan anak-anak yang menyusu Engkau telah menyediakan puji-pujian?" (Matius 21:16). Dengan menyerukan, “Hosana!” Orang-orang memohon keselamatan, dan sesungguhnya memang untuk tujuan itulah Yesus telah datang. Dalam seminggu Yesus akan tergantung di salib, untuk menebus dosa kita umat milik-Nya, yaitu setiap orang yang percaya kepada-Nya sebagai Tuhan dan Juruselamat.



Sumber : GotQuestions.org

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...