Sebarkan Pesan Injil

Regeneration / Kelahiran Baru (Bagian 1)

Apakah Regenerasi (Regeneration)?


Kata lain untuk regenerasi adalah kelahiran baru/kelahiran kembali, dari mana kita mendapatkan istilah "lahir baru." Kelahiran baru, dikontraskan dan dibedakan dari kelahiran jasmani sebagai bayi, ketika kita dikandung dalam dosa (Mazmur 51:7).

Kelahiran baru adalah kelahiran secara rohani, kudus, dan bersifat surgawi yang terjadi ketika seseorang  dihidupkan kembali rohaninya untuk dapat menerima kebenaran Allah. Kelahiran pertama yaitu kelahiran jasmani sebagai bayi, adalah salah satu dari kematian rohani akibat dosa warisan dari Adam. Kondisi manusia adalah "mati rohani karena pelanggaran-pelanggaran dan dosa-dosa" (Efesus 2:1) hingga pada titik ketika kita "dihidupkan" kembali (di-regenerasi) oleh Kristus saat kita menempatkan iman percaya kita kepada-Nya.






Karena kondisi manusia telah rusak secara total (Total Depravity), maka yang dibutuhkan bukanlah proses pembetulan sedikit demi sedikit bagian-bagian yang salah dalam hidup kita (seperti yang dilaku­kan semua agama lain), tetapi kelahiran baru.

Illustrasi: pakaian yang sobek memang bisa ditambal, tetapi kalau pakaian itu hancur, atau sudah rusak total, maka tidak mungkin bisa ditambal lagi, tetapi harus diganti baru!

 
Kelahiran baru adalah sesuatu yang harus terjadi lebih dulu sebelum seseorang bisa mengerti dan menerima Injil dan percaya kepada Kristus. Karena itu, maka kelahiran baru menjadi syarat mutlak supaya orang bisa selamat / masuk surga (Yesus menjawab, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah. Yohanes 3:3, Jawab Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah. Yohanes 3:5).

Hal ini karena sebelum lahir baru kita bukanlah anak-anak Allah (Yohanes 1: 12-13); melainkan, anak-anak dari murka (kami hidup di dalam hawa nafsu daging dan menuruti kehendak daging dan pikiran kami yang jahat. Pada dasarnya kami adalah orang-orang yang harus dimurkai. Efesus 2: 3;  Sebab itu, sama seperti oleh satu pelanggaran semua orang beroleh penghukuman, demikian pula oleh satu perbuatan kebenaran semua orang beroleh pembenaran untuk hidup. Roma 5: 18).


Sebelum keselamatan, keadaan kita telah rusak total. Setelah keselamatan kita dijadikan ciptaan baru. Hasil regenerasi/kelahiran baru adalah : damai sejahtera dengan Allah (kita yang dibenarkan karena iman, kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah oleh karena Tuhan kita, Yesus Kristus. Roma 5:1), hidup baru (Tetapi ketika nyata kemurahan Allah, Juruselamat kita, dan kasih-Nya kepada manusia, pada waktu itu Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmat-Nya oleh permandian kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus, yang sudah dilimpahkan-Nya kepada kita oleh Yesus Kristus, Juruselamat kita, Titus 3:4-6; Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang. 2 Korintus 5:17), dan diadopsi menjadi anak-anak Allah (Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya; orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah. Yohanes 1: 12-13; Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah karena iman di dalam Yesus Kristus. Galatia 3:26).




Setelah regenerasi, kita mulai melihat, dan mendengar, dan mencari hal-hal ilahi, dan hidup dengan iman dan kekudusan. Pada tahap ini, Kristus ada di dalam hati kita; (1)“Dengan jalan itu Ia telah menganugerahkan kepada kamu janji-janji yang berharga dan yang sangat besar, supaya olehnya kamu boleh mengambil bagian dalam kodrat ilahi, dan luput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan dunia.” (8)kamu akan dibuatnya menjadi giat dan berhasil dalam pengenalanmu akan Yesus Kristus, Tuhan kita. Efesus2:1,8). Hal ini bukan hasil pekerjaan manusia, melainkan karena kasih karunia dan kehendak Allah sendiri. Karena kasih karunia dan rahmat/belas kasihan-Nya yang besar, kelahiran baru dihadiahkan gratis; sifat-sifat Allah ditampilkan dalam regenerasi/kelahiran baru dan pertobatan manusia berdosa.

Sumber : GotQuestions.org; Regeneration/Kelahiran Baru oleh Pdt. Budi Asali, M.Div.


 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...