Sebarkan Pesan Injil

Arti Kristus





Yesus sering hanya disebut Kristus, atau secara lengkap namaNya sering disebut Yesus Kristus atau Kristus Yesus. Beberapa orang cukup heran ketika mereka menemukan bahwa, "Kristus" ternyata bukanlah nama belakangYesus. Jika Kristus bukan nama belakang Yesus, jadi apakah sebenarnya arti Kristus?


"Kristus" berasal dari kata Yunani Christos, yang artinya "yang diurapi" atau "yang dipilih." Ini adalah kata Yunani yang setara dengan kata Ibrani Mashiach, atau "Mesias." "Yesus" adalah nama manusia Tuhan yang diberikan kepada Maria oleh malaikat Jibril (Lukas 1:31). "Kristus" adalah gelar-Nya, menandakan Yesus diutus Allah untuk menjadi Raja dan Penebus (lihat Daniel 9:25; Yesaya 32: 1). "Yesus Kristus" berarti "Yesus SangMesias" atau "Yesus yang Diurapi."


Di jaman Israel kuno, ketika seseorang diberi kekuasaan, maka akan diurapi dengan cara dituangi minyak di kepalanya, hal ini untuk menandakan bahwa orang itu adalah orang yang dipilih/dikhususkan untuk melakukan pelayanan bagi Tuhan (misalnya, 1 Samuel 10: 1). Para raja-raja, imam-imam, dan nabi-nabi diurapi dengan cara demikian. Pengurapan adalah tindakan simbolis untuk menunjukkan pemilihan Allah (misalnya, 1 Samuel 24: 6). Meskipun secara harfiah pengurapan dilakukan dengan dituangi minyak, hal ini juga dapat merujuk kepada penyucian seseorang oleh Allah sekalipun tidak menggunakan minyak  (Ibrani 1: 9).

 
Ada ratusan ayat-ayat nubuatan dalam Perjanjian Lama yang merujuk pada Mesias yang akan datang dan yang akan membebaskan umat-Nya (misalnya, Yesaya 61: 1; Daniel 9:26). Israel Kuno berpikir bahwa Mesias mereka akan datang dengan kekuatan militer untuk membebaskan mereka dari tawanan selama puluhan tahun oleh raja-raja duniawi dan bangsa-bangsa kafir. Tetapi  Perjanjian Baru mengungkapkan sebuah pembebasan yang jauh lebih baik yang disediakan oleh Yesus sang Mesias, yaitu pembebasan dari kuasa dan hukuman dosa (Lukas 4:18; Roma 6:23).

 
Alkitab mengatakan Yesus telah diurapi dengan minyak dalam dua kesempatan terpisah oleh dua wanita yang berbeda (Matius 26: 6-7; Lukas 7: 37-38), tetapi pengurapan yang paling penting/signifikan adalah pengurapan oleh Roh Kudus (Kisah Para Rasul 10:38). Gelar "Kristus" berarti ‘Dia Yang Diurapi Tuhan’, ‘Dia yang menggenapi nubuat-nubuat Perjanjian Lama’,  ‘Juruselamat yang Terpilih yang datang untuk menyelamatkan orang-orang berdosa’ (1 Timotius 1:15), dan ‘Raja diatas segala raja’ yang sedang datang kembali ke dunia untuk mendirikan Kerajaan-Nya di bumi (Zakharia 14: 9).



Sumber : GotQuestions.org


 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...