Sebarkan Pesan Injil

Kitab Sejarah : 2 Tawarikh


Kitab 2 Tawarikh terdiri dari 36 pasal.

Penulis : Ezra, menurut tradisi Yahudi.
Tahun Penulisan : Sekitar tahun 430 SM, mencatat peristiwa-peristiwa diantara awal pemerintahan raja Salomo (970 SM) dan awal masa pembuangan di Babel (586 SM).



Isi Kitab 2 Tawarikh :


Kebijaksanaan Salomo


Melanjutkan sirkulasi positif dalam 1 Tawarikh, kitab 2 Tawarikh (dua buku awalnya satu) berakhir dengan dua ayat yang persis mengulang tiga ayat pertama dari Esra.

Orang Kristen sering heran dengan kebodohan 'orang primitif’ yang menyembah berhala. Sementara tanpa disadari, kitapun secara setia menyembah berhala-berhala yaitu kekayaan, gengsi dan pemuasan kepentingan diri sendiri. 

Kitab 2 Tawarikh mengundang kita untuk kembali kepada Allah yang sejati, dan hanya menyembah Dia dengan segenap hati. Melanjutkan sejarah bangsa Israel dan Yehuda yang dimulai dalam kitab 1 Tawarikh, kitab 2 Tawarikh ini mencatat kejayaan pemerintahan Salomo, menyoroti pembangunan dan penyerahan Bait Allah. 

Kitab 2 Tawarikh juga mencatat tindakan-tindakan raja-raja Yehuda setelah Salomo, mencatat secara khusus perhatian masing-masing raja terhadap urusan agama bangsanya. Kitab ini menyoroti tindakan-tindakan Yehezkiel, yang selama masa pemerintahannya melalukan banyak kebangunan rohani. Kitab 2 Tawarikh juga mencatat hancurnya Yerusalem, dibuangnya Israel ke Babel. Satu catatan positif mengakhiri kitab ini, yaitu  bahwa raja Koresy dari Persia memutuskan suku Yehuda bebas untuk kembali ke kampung halaman mereka.
 
Penulis kitab 2 Tawarikh menyajikan sejarah masa lalu bangsa Israel, dan secara tidak langsung juga mengajak kita para pembaca untuk mendedikasikan kehidupan kita hanya kepada Allah.


Beberapa hal penting yang dicatat dalam kitab 2 Tawarikh :

Salomo memohon kebijaksanaan        2 Tawarikh 1
Salomo membangun Bait Allah          2 Tawarikh 3
Tabut Allah dipindahkan          2 Tawarikh 5
Penyerahan Bait Allah        2 Tawarikh 7
Kunjungan ratu Syeba       2 Tawarikh 9: 1-12
Pemberontakan kerajaan bagian Utara      2 Tawarikh 10
Yosia merayakan Paskah      2 Tawarikh 35
Kejatuhan Yerusalem       2 Tawarikh  36:17-21  


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...