Sebarkan Pesan Injil

Kitab Sejarah : Yosua



Kitab Yosua terdiri dari 24 pasal.


Penulis : Yosua, menurut tradisi Yahudi, kecuali 5 ayat terakhir (Yosua 24 : 29 - 33) yang menjelaskan kematian dan peninggalan Yosua, kemungkinan ditulis oleh Pinehas yang menjabat sebagai Imam Besar pada saat itu.
Tahun penulisan : 1380 SM.


Yosua dipilih sebagai pengganti Musa.




Isi Kitab Yosua :


Kitab Yosua merupakan kitab kepemimpinan, mencatat bagaiman Yosua menjalankan kepemimpinan meneruskan kepemimpinan Musa dalam memimpin bangsa Israel.

Pada bagian awal kitab, Musa telah meninggal, dan Yosua telah ditunjuk sebagai pengganti Musa. Sementara Israel menunggu di dataran Moab, Yosua mempersiapkan mereka untuk pertempuran. Setelah mereka siap, Yosua memimpin mereka di seberang sungai Yordan untuk memulai penaklukan mereka atas tanah yang Tuhan telah janjikan kepada mereka.  

Orang Israel kemudian berjuang tiga serangan militer: 1 di wilayah tengah, 2 satu di selatan, dan 3 satu di utara. Setelah kemenangan awal, Yosua dan orang-orangnya membagikan negeri itu kepada suku-suku Israel. Pada bagian akhir kitab ini, Yosua telah tua dan mendekati kematian, dan ia mendorong umat Israel untuk tetap mengikuti TUHAN, Allah mereka.



Tembok Yericho dihancurkan.


Peristiwa terkenal yang dicatat dalam kitab Yosua :


Rahab dan 2 pengintai                   Yosua 2
Menyeberang sungai Yordan        Yosua 3
Hancurnya tembok Yerikho         Yosua 5:13-6:27




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...