Sebarkan Pesan Injil

Air Hidup



Apa maksud Yesus saat Dia berbicara tentang air hidup?


Yesus menggunakan ungkapan "air hidup" dalam dua bagian di dalam Alkitab. Bagian pertama ditemukan di Yohanes pasal 4. Ketika itu Yesus lelah dan duduk di sebuah sumur sementara murid-murid-Nya sedang pergi ke kota untuk membeli makanan. Seorang perempuan Samaria datang untuk menimba air, dan Yesus meminta air untuk minum. Perempuan Samaria itu cukup terkejut karena Yesus adalah seorang Yahudi, dan bangsa Yahudi membenci bangsa Samaria. Tentu saja, perempuan ini tidak mengetahui siapa Yesus dan bertanya kepada Yesus bagaimana bisa Dia memintanya air untuk minum karena Yesus adalah seorang Yahudi.

 
Yesus mengabaikan pertanyaan itu dan langsung berkata, "Jikalau engkau tahu tentang karunia Allah dan siapakah Dia yang berkata kepadamu: Berilah Aku minum! niscaya engkau telah meminta kepada-Nya dan Ia telah memberikan kepadamu air hidup." (Yohanes 4:10) . Perhatikan bahwa Yesus tidak mengatakan bahwa Dia adalah air yang hidup, tetapi berkata bahwa Dia akan memberi air hidup kepadanya, dan ketika dia menerimanya, dia tidak akan pernah haus lagi.  

Tentu saja, bagian ini tidak memberi tahu kita apa artinya air hidup itu! Untuk mengerti apa arti air hidup, kita harus melihat bagian lain dari Kitab Suci. Yakni ketika Yesus sedang berada di dalam bait suci dan sedang dikelilingi oleh kerumunan orang yang sedang beribadah. Tiba-tiba Yesus berdiri dan berseru: "Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum! Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup." Yang dimaksudkan-Nya ialah Roh yang akan diterima oleh mereka yang percaya kepada-Nya; sebab Roh itu belum datang, karena Yesus belum dimuliakan. (Yohanes 7:37-39).

Di sini Yesus menyebut Roh Kudus sebagai air hidup. Pengaruh Roh secara eksternal selalu diberikan dalam pertobatan dan penyucian orang-orang kudus dan nabi-nabi Perjanjian Lama, namun karunia Roh yang akan tinggal di dalam orang percaya belum diterima (Kisah Para Rasul 10:44-45).  
 

Jadi, meskipun banyak orang mengatakan bahwa Yesus adalah air yang hidup, Yesus sendiri memaksudkan arti pernyataaan-Nya adalah bahwa Roh Kudus yang tinggal di dalam diri orang percaya dan memeteraikan mereka untuk keselamatan (Efesus 1:13-14 Di dalam Dia (Kristus) kamu juga--karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu--di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu. Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya.). Ini adalah pelayanan Roh, yang mengalir keluar dari hati yang telah ditebus oleh Allah, yang memberkati orang-orang percaya ,dan melalui mereka, membawa kehidupan dan terang ke dalam dunia.

-
Sumber : GotQuestions.org (disarikan dari buku berjudul Jesus the Greatest Life of All karangan Charles Swindoll)


 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...