Menanggapi tuduhan bahwa perayaan Paskah adalah kafir karena berasal-mula dari penyembahan dewi Easter. Berikut ini penjelasan tentang asal mula Easter (yang diterjemahkan : Paskah, dalam bahasa Indonesia). Sebelumnya kita telah melihat kata Passover/Paschal juga diterjemahkan Paskah dalam bahasa Indonesia. Baca lagi : Kristus, Anak Domba Paskah kita.
Asal
mula Easter sangat meragukan. Seringkali diasumsikan bahwa nama Easter berasal
dari tokoh kafir yang disebut Eastre (atau Eostre) yang dirayakan sebagai dewi
musim semi oleh bangsa Saxon di Eropa Utara. Menurut teori tersebut, Eastre
adalah "dewi timur (dari mana matahari terbit)," simbolnya adalah
kelinci (simbol kesuburan), dan sebuah festival bernama Eastre diadakan pada
musim semi equinox oleh bangsa Saxon untuk menghormatinya. Teori tentang asal
usul Easter ini sangat bermasalah.
Masalah utama dengan mengaitkan asal mula Easter dengan dewi berhala Eastre / Eostre adalah bahwa kita tidak memiliki bukti kuat bahwa dewi berhala semacam itu pernah disembah oleh siapapun dan di mana pun. Satu-satunya penyebutan Eastre berasal adalah dari referensi yang muncul dalam tulisan-tulisan yang ditulis Santo Bede yang mulia, seorang biarawan dan sejarawan abad kedelapan. Bede menulis, "Eosturmononath memiliki nama yang sekarang diterjemahkan sebagai 'bulan Paschal', dan yang pernah disebut sebagai dewi bernama Eostre, yang pada perayaan kehormatannya dirayakan pada bulan itu. Sekarang mereka menunjuk musim Paschal dengan namanya, memanggil sukacita dari ritus baru tersebut dengan nama kehormatan dari para pengikut lamanya "(De Temporum Ratione). Hanya ini satu-satunya penyebutan Eastre/Eostre, Eostre tidak disebutkan dalam tulisan kuno lainnya; kami tidak menemukan tempat suci, tidak ada altar, tidak ada yang mendokumentasikan pemujaan Eastre. Ada kemungkinan Bede hanya mengekstrapolasi nama dewi berhala ini dari nama bulan itu.
Pada abad kesembilan belas, folklorist Jerman, Jakob Grimm, meneliti asal usul nama Jerman untuk Easter, yaitu Ostern, yang dalam bahasa Old High German adalah OstarĂ¢. Kedua kata tersebut terkait dengan kata Jerman untuk "timur," yaitu ost. Grimm, sambil mengakui bahwa ia tidak dapat menemukan hubungan yang solid antara perayaan Easter dan berhala, membuat anggapan bahwa Ostara mungkin adalah nama seorang dewi Jerman. Seperti Eastre, dewi Ostara didasarkan sepenuhnya pada anggapan dan dugaan; Sebelum Grimm's Deustche Mythologie (1835), tidak ada yang menyebutkan dewa-dewi dalam tulisan apapun.
Jadi, sementara kata Easter kemungkinan besar berasal dari kata lama untuk "timur" atau nama bulan musim semi, kita tidak memiliki banyak bukti yang menunjukkan sesuatu yang lebih dari itu. Maka tuduhan bahwa Paskah adalah kafir atau bahwa orang Kristen telah memilih hari perayaan dewi berhala tidak dapat dipertahankan. Namun di masa sekarang ini, tampaknya Easter mungkin memiliki asal usul berhala, karena hampir seluruhnya dikomersilkan – itu terlihat dari fokus dunia pada saat perayaan Easter / Paskah adalah pada telur Paskah, permen Paskah, dan kelinci Paskah.
Orang-orang Kristen merayakan Paskah sebagai kebangkitan Kristus pada hari
ketiga setelah penyaliban-Nya. Ini adalah hari libur Kristen tertua dan hari
terpenting dalam tahun ajaran gereja karena pentingnya penyaliban dan
kebangkitan Yesus Kristus, peristiwa yang mendasari Kekristenan (1 Korintus
15:14 Tetapi andaikata Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah pemberitaan
kami dan sia-sialah juga kepercayaan kamu.). Dalam beberapa tradisi Kristen,
Minggu Paskah didahului oleh musim Prapaskah (Lent), masa puasa 40 hari dan pertobatan
yang berpuncak pada Pekan Suci dan diikuti oleh 50 hari masa Paskah yang
membentang dari Minggu Paskah (Easter Sunday) sampai hari Pentakosta.
Karena komersialisasi Easter (Paskah) dan kemungkinan asal usul pagan, banyak gereja lebih suka menyebutnya Easter Sunday / Minggu Paskah ini sebagai "Minggu Kebangkitan (Resurrection Sunday)." Alasannya adalah bahwa, semakin kita memusatkan perhatian pada Kristus dan pekerjaan-Nya bagi kita, semakin baik. Paulus mengatakan bahwa tanpa kebangkitan Kristus, iman kita sia-sia (1 Korintus 15:17 Dan jika Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah kepercayaan kamu dan kamu masih hidup dalam dosamu.). Alasan lebih indah mana lagi yang dapat kita rayakan! Jadi apakah kita menyebutnya "Minggu Paskah" atau "Minggu Kebangkitan," yang penting adalah alasan perayaan kita, yaitu bahwa Kristus hidup, sehingga memungkinkan kita memiliki hidup kekal (Roma 6:4 Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.)!
Haruskah kita merayakan Paskah atau membiarkan anak-anak kita pergi berburu telur Paskah? Ini adalah pertanyaan yang diajukan baik oleh para orang tua dan para pemimpin gereja. Pada akhirnya, hal itu bermuara pada masalah hati nurani (Roma 14:5). Tidak ada yang benar-benar jahat tentang melukis dan menyembunyikan telur dan meminta anak-anak mencari telur-telur tersebut. Yang penting adalah fokus kita. Jika fokus kita adalah pada Kristus, anak-anak kita bisa diajarkan untuk mengerti bahwa telur hanyalah permainan yang menyenangkan. Anak-anak harus tahu arti sebenarnya dari hari itu, dan orang tua dan gereja memiliki tanggung jawab untuk mengajarkan arti sebenarnya. Pada akhirnya, partisipasi dalam perburuan telur Paskah dan tradisi sekuler lainnya harus diserahkan kepada kebijaksanaan orang tua.
Karena komersialisasi Easter (Paskah) dan kemungkinan asal usul pagan, banyak gereja lebih suka menyebutnya Easter Sunday / Minggu Paskah ini sebagai "Minggu Kebangkitan (Resurrection Sunday)." Alasannya adalah bahwa, semakin kita memusatkan perhatian pada Kristus dan pekerjaan-Nya bagi kita, semakin baik. Paulus mengatakan bahwa tanpa kebangkitan Kristus, iman kita sia-sia (1 Korintus 15:17 Dan jika Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah kepercayaan kamu dan kamu masih hidup dalam dosamu.). Alasan lebih indah mana lagi yang dapat kita rayakan! Jadi apakah kita menyebutnya "Minggu Paskah" atau "Minggu Kebangkitan," yang penting adalah alasan perayaan kita, yaitu bahwa Kristus hidup, sehingga memungkinkan kita memiliki hidup kekal (Roma 6:4 Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.)!
Haruskah kita merayakan Paskah atau membiarkan anak-anak kita pergi berburu telur Paskah? Ini adalah pertanyaan yang diajukan baik oleh para orang tua dan para pemimpin gereja. Pada akhirnya, hal itu bermuara pada masalah hati nurani (Roma 14:5). Tidak ada yang benar-benar jahat tentang melukis dan menyembunyikan telur dan meminta anak-anak mencari telur-telur tersebut. Yang penting adalah fokus kita. Jika fokus kita adalah pada Kristus, anak-anak kita bisa diajarkan untuk mengerti bahwa telur hanyalah permainan yang menyenangkan. Anak-anak harus tahu arti sebenarnya dari hari itu, dan orang tua dan gereja memiliki tanggung jawab untuk mengajarkan arti sebenarnya. Pada akhirnya, partisipasi dalam perburuan telur Paskah dan tradisi sekuler lainnya harus diserahkan kepada kebijaksanaan orang tua.
Sumber : GotQuestions.org
Tidak ada komentar:
Posting Komentar