Penjelasan : Yesus sebagai Bintang Timur

Aku, Yesus, telah mengutus malaikat-Ku untuk memberi kesaksian tentang semuanya ini kepadamu bagi jemaat-jemaat. Aku adalah tunas, yaitu keturunan Daud, Bintang Timur yang gilang-gemilang. Wahyu 22:16.


Penunjukkan pertama pada bintang fajar/bintang timur sebagai individu ada dalam Yesaya 14:12: "Wah, engkau sudah jatuh dari langit, hai Bintang Timur, putera Fajar, engkau sudah dipecahkan dan jatuh ke bumi, hai yang mengalahkan bangsa-bangsa!" Alkitab versi bahasa Inggris King James dan New King James keduanya menerjemahkan "bintang timur" sebagai "Lucifer, putra fajar." Dari seluruh sisa pasal ini, jelas Yesaya menunjuk kepada kejatuhan setan dari Surga (Lukas 10:18). Jadi dalam hal ini, bintang timur mengacu pada setan. Di dalam Wahyu 22:16, Yesus jelas mengidentifikasi diri-Nya sebagai Bintang Timur. 

Jadi mengapa Yesus dan setan digambarkan sebagai "bintang timur"?


Sangat menarik dan penting untuk dicatat bahwa konsep "bintang fajar/bintang timur" bukan satu-satunya konsep yang diterapkan pada Yesus dan setan. Dalam Wahyu 5:5, Yesus disebut sebagai Singa dari suku Yehuda. Dalam 1Petrus 5:8, setan dibandingkan dengan singa, mencari orang yang dapat ditelannya. Intinya adalah ini, Yesus dan setan, hingga batas tertentu, memiliki kesamaan dengan singa. Yesus memiliki kesamaan dengan singa dalam arti bahwa Dia adalah Raja, Dia adalah agung dan mulia. Setan memiliki kesamaan dengan singa dalam arti bahwa ia berusaha untuk memangsa makhluk-makhluk lain. Tetapi, hanya sampai sebatas ini saja adanya kesamaan antara Yesus, setan, dan singa. Yesus dan setan sama-sama memiliki kesamaan ciri dengan singa tetapi dalam hal yang sangat berbeda.


[Sesungguhnya, Singa dari suku Yehuda, yaitu tunas Daud, telah menang ~Wahyu 5:5]


Gagasan tentang "bintang fajar/bintang timur yang gilang-gemilang" adalah bintang yang mengalahkan semua makhluk lain.  Setan adalah karya ciptaan Tuhan, mungkin yang paling indah, mungkin yang paling kuat dari semua malaikat, maka setan adalah bintang timur yang gilang-gemilang. Yesus, sebagai Allah yang menjelma menjadi manusia, Tuhan alam semesta, adalah Bintang Timur gilang-gemilang yang asli/sejati. Yesus adalah yang cahaya/terang/sinar gilang-gemilang yang paling suci dan paling kuat  di seluruh alam semesta. Jadi, ketika Yesus dan setan digambarkan sebagai "bintang timur yang gilang-gemilang," adalah tidak masuk akal jika hal ini diartikan sebagai menyamakan Yesus dan setan. Karena jelas setan adalah makhluk ciptaan, setan hanya dapat bercahaya cemerlang sejauh mana Allah menciptakannya. Berbeda dengan Yesus yang adalah Allah, Dia adalah Sang Pencipta sendiri! Yesus adalah terang dunia (Yohanes 9:5). Yesus bercahaya dari diri-Nya, yaitu terang yang kekal sebagaimana diri-Nya adalah Allah yang kekal. Setan mungkin menyerupai bintang timur yang gilang-gemilang, tetapi dia hanya tiruan dari satu-satunya Bintang Timur gilang-gemilang yang asli, yaitu Yesus Kristus, terang dunia. 



Sumber : GotQuestions.org


 

8 komentar:

  1. Allah tidak pernah menciptakan setan. Hati hati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setan, itu malaikat yang diciptakan Alah dan memberontak

      Hapus
    2. Segala sesuatu yang ada di dunia ini diciptakan oleh Allah dalam kitab Kej 1:1-31 (termasuk malaikat kej 1:16 - angelology). Malaikat yang memberontak dan ingin menyamakan dirinya dengan Tuhan adalah Satan (Yes 14:12-21)

      Hapus
  2. Allah menciptakan malaikat tapi malaikat itu jatuh dan jadi setan

    BalasHapus
  3. Sebenarnya memahami ayat alkitab hrs melihat warna text dan konteknya.

    Khusus pd kitab Yesaya 14:12 itu menceritakan ttg kedatangan sang mesias. Beda dgn ayat 13 dan ayat2 seterusnya.

    Dlm sebuah tulisan akan disematkan tanda koma atau tanda tanya,tanda seru dan tanda2 lain nya utk memberi kesan cara membaca melalui tanda2 yg sy sebutkan diatas.

    Dlm kitab yesaya 14:12 ada bbrp karakter kosa kata dan pnyebutan trtentu sprti wah dan hai..

    Kata jatuh bukan kata dijatuhkan atau terjatuh. Namun kata jatuh diartikan sbgi kedatangan atau turun.

    Diayat terakhir disebutkan hai yg mngalahkn bangsa2.

    Coba disimak,siapakah yg disebut hai yg mngalahkan bangsa2,Yesus kah atau lucifer?

    Dlm satu ayat dlm yesaya 14:12,menyambungkan sebuah kalimat yg kalimat didalamnya memiliki 2 karakter tertentu.

    1. Ucapan
    2. Pernyataan

    1. Kata ucapan di lahirkan dari kata wah dan hai,(mnggunakn tanda koma)
    2. Pernyataan. Kata pernyataan disini disebutkan ringkasan objek atau bentuk panggilan yg dimksd bintang timur,putra fajar (ada tanda koma diselipkan diantara bintang timur dan putra fajar.

    Namun dlm yesaya 14:13, teks yg digunakan memiliki perbedaan konteks. Dlm yesaya 14:12 dgn ayat 13 sdh berubah kalimat.

    Kalimat yg ditulis dlm ayat 13 memenuhi makna ttg kejatuhan malaikat terang yg dikenal sbgi lucifer. Sbb disana trtulis ringkasan pernyataan yg lebih mndalam akan sebuah skema berita atau kejadian ttg adanya perkara kudeta.

    Ia,yg dimaksd lucifer..bhw pernah melakukan sebuah rencana kudeta trhdp TUHAN krn dia (lucifer)meninggikan dirinya sama sprti TUHAN.

    Kita tau bhw lucifer yg disebut sbgi malaikat terang ini,dilempar keluar dari sorga krn kesombongannya.

    Jadi,bagi saudara2 yg mau belajar alkitab,jgn dahulu membuat kesimpulan sebelum memahami teks dan konteks sebenarnya.

    Krn ketika kita tdk mempelajari sebuah kalimat yg didalamnya memiliki karakter kata dgn tanda2 sprti,koma,tanda seru tanda tanya dan tanda titik.

    Kalau mau membaca kutab yesaya terutama pd pasal 14:1-seterusnya. Maka saudara2 akan melihat byk perubahan kalimat dan maksd dlm setiap ayat.

    Krn ketika kita membaca ayat 1 sampai seterusnya,disana kita dpt mnjumpai pokok2 kalimat yg disetarakan dgn sebuah sejarah perihal babel.

    Jadi,sekali lagi..yesaya 14:12 bukan menilai ttg kejatuhan bintang timur,putra fajar yg dikesankan sbgi lucifer..bukan begitu maksd dari ayat tsb.

    Khusus ayat 12. Sgt mngedepankan ttg kedatangan TUHAN kebumi. Bapa merendahkan diriNya utk datang atau turun kebumi dan Ia sang mesias yg mngalahkan sgala bangsa2.

    Demikian ulasan singkat sy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ribet lu, semua ditafsir sampai titik koma. Nggak usah berasumsi, jelas apa yg tertulis dlm bahasa indonesia, orang udah paham.

      Hapus
    2. YANG RIBET ENTE..MAKSAIN BANGET KLO YESUS ITU BUKAN TUHAN

      Hapus
    3. Terlalu jauh menafsir, terlalu jauh sesat. Lupa akan inti : taat pada Tuhan Yesus. Iman, Pengetahuan, Nubuat tidak sempurna. Siapapun Anda, sekalipun pernah dari surga, tetap saja tidak sempurna. Pahamilah keterbatasan itu,, jadilah rendah hati senantiasa.

      Hapus