Sebarkan Pesan Injil

Kitab Injil : Lukas


Kitab Injil Lukas terdiri dari 24 pasal.



Penulis : Lukas, seorang dokter non-Yahudi (Kolose 4:14) dan seorang misionaris rekan dari rasul Paulus (II Timotius 4:11).
Tahun Penulisan : Sekitar tahun 60 Masehi.


Isi Kitab Lukas :


Bagaikan seorang wartawan penyelidik yang mengumpulkan ceritanya dari beberapa informan, Injil Lukas menyusun kitab Injil ini dari kesaksian beberapa saksi mata kehidupan Yesus


Lukas, seorang dokter non-Yahudi yang melakukan perjalanan panjang bersama rasul Paulus, menuliskan Injilnya untuk seorang bernama Teofilus ( Lukas 1:3), yang kemungkinan merupakan seorang non-Yahudi lainnya yang telah menjadi orang percaya.  

Setelah mengkonsultasi beberapa saksi mata dan kisah-kisah kehidupan Yesus, Lukas menulis kitab tentang kehidupan dan pelayanan Yesus ini. Karena baik Lukas dan Teofilus bukanlah orang Yahudi, tidak mengherankan bahwa Injil ini memiliki ciri yang sangat universal pada kisah-kisah dan ajaran-ajaran Yesus.  

Lukas juga menyoroti keprihatinan Yesus atas orang-orang yang tertindas dan terbuang, seperti para perempuan dan orang-orang miskin, dan terdapat pula penekanan penting atas peran Roh Kudus

Lukas berhati-hati dalam memberikan tanggal yang tepat pada peristiwa-peristiwa yang dicatat dalam Injilnya, dimulai dengan sebuah catatan luas tentang kelahiran Yesus dan merupakan satu-satunya cerita kanonik dari tahun-tahun masa kanak-kanak Yesus.  

Lukas mengatur catatan tentang pelayanan Yesus ini dalam urutan umum yang sama sebagaimana urutan di dalam Injil Markus dan Injil Matius, dan ia menambahkan catatan panjang perjalanan Yesus ke Yerusalem.  

Setelah kematian dan kebangkitan Yesus, bagian akhir kitab ini menyatakan sukacita dan penantian para murid akan Roh Kudus yang dijanjikan untuk memenuhi mereka.




Apakah kita malu akan moral-moral, penghakiman-penghakiman dan perintah-perintah Allah? Sebab barangsiapa malu karena Aku dan karena perkataan-Ku, Anak Manusia (Yesus Kristus) juga akan malu karena orang itu saat Dia kembali dalam kemuliaan-Nya dan dalam kemuliaan Bapa dan malaikat-malaikat kudus. Lukas 9:26.

Beberapa peristiwa yang dicatat dalam kitab Injil Lukas :

Kelahiran Yesus                   Lukas 1:26; 2:40 
Yesus membangkitkan seorang anak perempuan             Lukas 8:40-56    
Orang Samaria                                 Lukas 10:30-37  
Anak yang hilang                              Lukas 15:11-32  
Zakeus bertemu Yesus                     Lukas 19:1-10    
Minggu Palem                                  Lukas 19 :28-44 
Amanat agung                            Lukas 24 


Penjelasan kata kanonik atau kanon atau 'canonical' di dalam bahasa Inggris :




Kata 'kanon' berarti standar atau aturan, yaitu daftar Tulisan-Tulisan berwibawa yang diinspirasi oleh Allah. Dalam Yudaisme, kanon hanya terdiri dari kitab-kitab Perjanjian Lama. Dalam Kristen, kanon adalah kumpulan Tulisan yang terdiri dari 39 kitab Perjanjian Lama dan 27 kitab Perjanjian Baru. 

Injil kanonik adalah Injil yang dikenali oleh Gereja sebagai Tulisan-Tulisan yang diinspirasi oleh Allah dan yang secara setia diturunkan dalam tradisi kerasulan. Hanya ada 4 Injil saja, yaitu : Injil Matius, Injil Markus, Injil Lukas dan Injil Yohanes. 


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...