Sebarkan Pesan Injil

Kitab Injil : Markus


Kitab Injil Markus terdiri dari 16 pasal.





Penulis : Yohanes Markus (John Mark), seorang misionaris yang menemani perjalanan Paulus dan Barnabas (Kisah Para Rasul 12:25) dan rekan dari rasul Petrus (1 Petrus 5:13).
Tahun Penulisan : Kemungkinan antara tahun 55 dan 65 Masehi pada masa penganiayaan orang-orang Kristen oleh bangsa Romawi.


Isi Kitab Markus : 

 

Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia, tetapi ia kehilangan nyawanya? Markus 8:36. (Photo credit : versaday.com)



Banyak bagian dari Alkitab berbicara tentang Yesus sebagai Allah yang ditinggikan, tetapi Injil Markus menyajikan juga sisi lain dari Yesus – yaitu sisi kehambaanNya.  

Markus tidak termasuk salah satu dari dua belas murid, tetapi Injilnya secara tradisional diyakini merupakan kumpulan dari ajaran rasul Petrus. Markus mengawali Injilnya dari awal, dengan melewatkan rincian kelahiran Yesus dan langsung membahas tentang baptisan dan pelayanan Yesus.  

Dalam sepanjang Injil ini, Yesus terus menerus bekerja dalam pelayanan: menyembuhkan orang sakit, mengusir setan-setan, memberi makan kerumunan besar orang, memperhatikan "orang yang tersisih" dan tanpa jemu melayani permintaan orang-orang akan bantuan dan bimbinganNya

Beberapa pasal dalam kitab Markus juga mencakup tentang pengajaran Yesus, namun pengajaranNya ini banyak dibayangi oleh  catatan tentang tindakan-tindakan Yesus di dalam masa pelayananNya. Markus menunjukkan secara jelas  bahwa Yesus memang adalah Anak Allah; tidak ada seorangpun yang dapat melakukan apa yang Yesus lakukan.  

Tetapi tindakan dan pengajaran Yesus juga menunjuk kepada tema inti dari kitab ini, yaitu : "bahkan Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani orang-orang lain dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang" ( Markus 10:44-45) . 

Injil Markus ditutup dengan kematian dan kebangkitan Yesus, sehingga melengkapi garis besar mendasar kehidupan Yesus Kristus.



Garam memang baik untuk membumbui, tetapi jika garam itu menjadi hambar, dengan apakah kamu mengasinkannya? Hendaklah kamu selalu mempunyai kualitas garam dalam dirimu dan selalu hidup berdamai satu dengan yang lain. Markus 9:50. (Photo credit: katielloydphotography.com).


Beberapa peristiwa yang dicatat dalam kitab Injil Markus :

Yesus memberi makan 5000 orang           Markus 6:30-44
Yesus berjalan diatas air                          Markus 6:45-52
Perjamuan terakhir                                         Markus 14:12-26



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...