Sebarkan Pesan Injil

Kitab Injil : Yohanes




Kitab Injil Yohanes terdiri dari 21 pasal.


Kitab Injil Yohanes.


Penulis : Rasul Yohanes, murid yang dikasihi Yesus (Yohanes 21:7), saudara Yakobus, murid Yesus dan anak Zebedeus (Matius 4:21).
Tahun Penulisan : Sekitar tahun 90 SM, merupakan kitab Injil terakhir yang ditulis.


Isi Kitab Yohanes :


Setiap Injil ditulis dengan suatu tujuan yang berbeda, namun hanya di dalam kitab Yohanes, "murid yang dikasihi Yesus" (Yohanes 21:20), menyatakan tujuan yang eksplisit, yaitu: "tetapi hal-hal ini dituliskan agar engkau dapat tetap percaya bahwa Yesus adalah Mesias, Anak Allah, dan bahwa dengan percaya kepadaNya engkau akan memiliki hidup" (Yohanes 20:31). 


Karena tujuan ini, Injil Yohanes memiliki ciri yang berbeda dari ketiga Injil lainnya. Yohanes kurang menekankan tindakan-tindakan Yesus selama masa pelayananNya, namun lebih menekankan pada makna yang ditunjukkan tindakan-tindakan Yesus tersebut tentang diri Yesus. Yohanes menyebut mujizat-mujizat Yesus sebagai "tanda-tanda," dan ia mencatat pengajaran-pengajaran panjang Yesus, termasuk ketujuh penyataan "Aku" oleh Yesus tentang diri-Nya.  

Yohanes membuka Injilnya dengan catatan pra-eksistensi Kristus -"Firman," Anak Allah yang unik- yang menjadi manusia dan yang memperkenalkan Allah Bapa kepada kita. Setelah menceritakan beberapa rincian tentang Yohanes Pembaptis dan pelayanannya, rasul Yohanes menjelaskan baptisan Yesus.  

Pada titik ini, jika dibandingkan dengan alur ketiga kitab Injil lainnya maka terlihat garis besar umum dari Injil Yohanes berhenti dengan tajam, dan menata ulang beberapa peristiwa serta menyertakan bahan yang berbeda. Misalnya, catatan Injil Yohanes mencatat perjalanan Yesus ke Yerusalem lebih dari satu kali, tidak seperti ketiga kitab Injil lainnya. Setelah penjelasan panjang  tentang Perjamuan Terakhir Yesus bersama dengan murid-murid-Nya, kitab Injil Yohanes mencatat penyaliban dan kebangkitan Yesus.  

Kitab ini ditutup dengan beberapa pertemuan antara Yesus dan murid-murid setelah kebangkitanNya.







Beberapa peristiwa yang dicatat dalam kitab Injil Yohanes :

Nikodemus menemui Yesus                       Yohanes 3:1-21
Lazarus dibangkitkan Yesus                         Yohanes 11:38-44            
Amanat agung                                                   Yohanes 20




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...