Sebarkan Pesan Injil

Surat-Surat Rasul Paulus : 1 Korintus


Surat Paulus kepada jemaat di Korintus, terdiri dari 16 pasal.


Surat Paulus yang pertama kepada jemaat di Korintus.


Penulis : Rasul Paulus
Tahun Penulisan : Sekitar tahun 56 Masehi, pada akhir 3 tahun masa pelayanan Paulus di Efesus pada perjalanan misinya yang ketiga.


Isi Surat I Korintus :



Ketika engkau makan, atau ketika engkau minum, atau ketika engkau melakukan apapun. Lakukanlah semua itu untuk kemuliaan Allah. I Korintus 10:31. (Photo credit : heartlight.org)

Dikelilingi oleh korupsi dan berbagai dosa-dosa, membuat orang-orang Kristen di Korintus merasakan tekanan untuk beradaptasi pada rendahnya standar di sekitar mereka. Banyak yang telah berkompromi dengan keadaan ini, menegaskan bahwa mereka telah dimerdekakan di dalam Kristus, tetapi pertanyaannya : kemerdekaan macam apakah yang dimaksudkan disini? 

Untuk memecahkan kebingungan karena situasi ini, Paulus menuliskan surat ini kepada gereja di Korintus.

Surat Paulus ini mencakup berbagai  topik, termasuk persaingan golongan-golongan, perkawinan sesama saudara (inses) di antara orang-orang percaya, tuntutan hukum publik diantara sesama orang Kristen, penyalahgunaan karunia-karunia rohani, dan perilaku tidak tertib pada saat pertemuan-pertemuan Gereja dan Perjamuan Tuhan.  

Ia akan meneguhkan engkau sampai akhir, sehingga engkau tidak akan dapat dipersalahkan pada hari Tuhan kita Yesus Kristus. I Korintus 1:8.


Paulus menunjukkan masing-masing masalah tersebut, menunjuk kepada Kristus sebagai satu-satunya jalan keluar.  

Paulus juga memberikan jawaban-jawaban atas beberapa pertanyaan spesifik yang diajukan oleh orang-orang Korintus.  

Beberapa topik ini termasuk topik pernikahan, memakan makanan yang telah dipersembahkan pada berhala-berhala, dan kebangkitan Kristus dan para pengikut-Nya.  


Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai, Ia akan memberikan kepadamu jalan keluar, sehingga kamu dapat menanggungnya. I Korintus 10:13.


Sepanjang surat-suratnya, Paulus berulangkali menekankan bahwa pengikut-pengikut Yesus harus menyerahkan diri mereka untuk dibentuk oleh Kristus, baik kehidupan, keyakinan-keyakinan, dan nilai-nilai mereka, sehingga mereka tidak akan dibentuk oleh dunia di sekitar mereka

Kitab 1 Korintus menyediakan gereja Kristen, contoh aktual tentang bagaimana masalah-masalah spesifik di atas dibahas dan dikoreksi dalam gereja mula-mula.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...