Sebarkan Pesan Injil

Kitab Para Nabi : Kitab Ratapan


Kitab Ratapan terdiri dari 5 pasal.

Penulis : Yeremia, menurut tradisi Yahudi
Tahun Penulisan : Tidak lama setelah kejatuhan Yerusalem pada tahun 586 SM.




Isi Kitab Ratapan :


Ratapan merupakan sebuah kidung ungkapan kesedihan mendalam atas kematian dan penguburan. Yeremia menulis kitab Ratapan untuk menyatakan keberdukaan atas tragisnya kehancuran Yerusalem dan pembuangan penduduk Yerusalem ke Babel. 


 
Ditulis sebagai puisi akrostik, kitab ini secara grafik menjelaskan penghancuran Yerusalem. Yeremia menyisakan pembacanya detail kecil saat ia mengingat tragedi mengerikan ini


Hanya sedikit sekali ditemukan penghiburan di dalam ratapan Yeremia, meskipun di dalam pasal 5 doa-doa permohonan Yeremia meminta pemulihan kepada Allah yang bertahta di dalam kekekalan, terlihat melampaui terpencilnya abu reruntuhan Yerusalem yang hancur.


Tak berkesudahan kasih setia Tuhan, tak habis-habisnya rahmatNya selalu baru tiap pagi; besar kesetiaanMu! "Tuhan adalah bagianku," kata jiwaku, oleh sebab itu aku berharap kepada-Nya. Ratapan 3:22-24.



Beberapa hal di dalam kitab Ratapan :


Allah murka terhadap dosa       Ratapan 2
Pengharapan pada kesetiaan Allah         Ratapan 3 (ayat yang terkenal : Ratapan 3:22-24)
Murka Allah telah dipuaskan          Ratapan 4
Permohonan untuk pemulihan         Ratapan 5 



Tentang puisi akrostik (acrostic poem) :


Sebuah akrostik adalah puisi atau bentuk lain dari menulis di mana huruf pertama, suku kata atau kata setiap baris, paragraf atau fitur berulang lainnya dalam teks merinci sebuah kata atau pesanKata akrostik (dalam bahasa Inggris : acrostic) berasal dari kata acrostiche (bahasa Perancis), dari acrostichis (bahasa Latin pasca-klasik), dari bahasa Yunani Koine ἀκροστιχίς, dari ἄκρος Yunani Kuno yang berarti "tertinggi, paling atas" dan στίχος "ayat").  

Sebuah akrostik yang terkenal dibuat dalam bahasa Yunani untuk aklamasi YESUS KRISTUS, ANAK ALLAH, JURU SELAMAT (Yunani: Ιησούς Χριστός, Θεού Υιός, Σωτήρ; Iesous Christos, theou Yios, Soter-ch dan th menjadi masing-masing huruf dalam bahasa Yunani). Inisial mantra Ichthys (ΙΧΘΥΣ), Yunani untuk ikan. (sumber: Wikipedia) 


 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...